get app
inews
Aa
Read Next : Kenakan Atribut Anak-Anak Diajak Kampanye Prabowo-Gibran di Semarang

Bagaimana Gejala Gangguan Ginjal Akut pada Anak, Para Orang Tua Wajib Tahu Ini Gejalanya!

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 12:41 WIB
header img
Gejala gangguan ginjal akut pada anak penting untuk diketahui para orang tua. Hal ini menyusul meningkatnya kasus gangguan ginjal akut yang menyerang anak-anak. Foto/Getty Images

JAKARTA, iNewsBelu.id  - Bagaimana gejala gangguan ginjal akut pada anak dan sangat penting untuk diketahui para orang tua. Hal ini menyusul meningkatnya kasus gangguan ginjal akut yang menyerang anak-anak usia 6 bulan - 18 tahun di Indonesia. Meski demikian, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta orang tua agar tidak panik. 

Khususnya jika anak menunjukkan gejala gangguan ginjak akut seperti diare, mual, muntah, demam selama 3-5 hari, batuk, dan pilek. Dikutip dari situs resmi Kemenkes, Jumat (21/10/2022) anak yang mengalami gangguan ginjal akut juga akan menjadi sering mengantuk serta semakin sedikit buang air kecil, bahkan tidak bisa buang air kecil sama sekali.

Plt. Direktur Pelayanan Kesenatan Rujukan dr. Yanti Herman, MH. Kes mengatakan para orang tua untuk selalu memantau kesehatan si kecil. Dia juga mengimbau untuk segera berkonsultasi ke dokter.

“Jika anak mengalami keluhan yang mengarah kepada penyakit gagal ginjal akut, sebaiknya segera konsultasikan ke tenaga kesehatan. Jangan ditunda atau mencari pengobatan sendiri,” kata dr. Yanti. 

"Pastikan cukupi kebutuhan cairan tubuh anak dengan minum air," sambungnya. 
 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut