get app
inews
Aa Read Next : Kenakan Atribut Anak-Anak Diajak Kampanye Prabowo-Gibran di Semarang

Bagaimana Gejala Gangguan Ginjal Akut pada Anak, Para Orang Tua Wajib Tahu Ini Gejalanya!

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 12:41 WIB
header img
Gejala gangguan ginjal akut pada anak penting untuk diketahui para orang tua. Hal ini menyusul meningkatnya kasus gangguan ginjal akut yang menyerang anak-anak. Foto/Getty Images

Adapun gejala gangguan ginjal akut pada anak yang harus diwaspadai adalah perubahan warna pada urine yang menjadi pekat atau kecoklatan. Jika warna urine berubah, atau tidak buang air kecil selama 6 jam - 8 jam di siang hari, segera bawa anak ke rumah sakit. 
Sementara itu, gejala awal penyakit ini biasanya berupa infeksi saluran cerna utama. Sebagai bentuk pencegahan, Kemenkes mengimbau untuk selalu menerapkan gaya hidup bersih dan sehat.

Penting untuk selalu cuci tangan sebelum dan sesudah makan, makan makanan yang bergizi seimbang. Pastikan si kecil tidak jajan sembarangan, minum air matang dan lakukan imunisasi anak rutin dan lengkap. 

"Kasus gangguan ginjal akut pada anak belum diketahui pasti penyebabnya," tandasnya.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Jum'at, 21 Oktober 2022 - 12:11 WIB oleh Diana Rafikasari dengan judul "Gejala Gangguan Ginjal Akut pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu!". 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut