get app
inews
Aa Read Next : Sadis, Gegara Hadiah Natal Bocah 14 Tahun Tembak Mati Kakak Perempuan

Inilah Sejarah Petrus, Para Penembak Misterius di Era Orde Baru

Senin, 19 September 2022 | 18:29 WIB
header img
Sejarah petrus, para penembak misterius di Era Orde Baru menarik untuk dicermati. (Foto: Ilustrasi/Ist)

YOGYAKARTA, iNewsBelu.id- Sejarah petrus, para penembak misterius di Era Orde Baru menarik untuk dicermati. Petrus adalah salah satu cara pemerintah Orde Baru untuk memberantas preman.

 Asto Puaso, warga Padukuhan Plembutan Timur RT 13 RW 04 Kalurahan Plembutan Kapanewon Playen Gunungkidul ini masih mencari sosok ayahnya. 

Seniman lukis ini masih yakin jika bapaknya, Wasirin (Mbah Sirin) hilang dan hidupnya berakhir di Luweng (gua vertikal) Grubug yang berada di Kapanewon Semanu.

Berdasarkan cerita warga sekitar,  Luweng Grubug sendiri selama ini dikenal sebagai tempat pembuangan eks PKI dan juga penjahat kala jaman Petrus (Penembakan Misterius). Namun Asto mengungkapkan jika bapaknya hilang bersamaan dengan penumpasan PKI usai peristiwa 1965 lalu bukan ketika jaman Petrus. 

Ya, selain untuk membuang korban penumpasan G30/S/PKI, Gua Grubug juga diyakini sebagai tempat pembuangan korban Petrus yang banyak terjadi di tahun 80-an lalu. Hal tersebut diungkapkan oleh Paijem, warga yang sering mencari rumput di sekitar mulut goa Grubug.

"Cerita bapak saya. Memang dipakai untuk membuang mayat-mayat PKI dan dulu awal tahun 80-an sering ada kabar membuang mayat gali (preman)," tutur Paijem. 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut