get app
inews
Aa Read Next : Haru! Terpisahkan Karena Perceraian, Ibu dan Anak ini Bertemu setelah 20 Tahun Berpisah

732 Istri di Gunungkidul Gugat Cerai Suami, Ternyata Ini Alasannya

Jum'at, 01 September 2023 | 10:37 WIB
header img
Sebanyak 732 istri di Gunungkidul, DIY menggugat cerai suaminya dengan berbagai alasan, mulai dari perselisihan hingga tak dinafkahi. (Foto: Ilustrasi)

GUNUNGKIDUL, iNewsBelu.id - Angka perceraian di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta masih tinggi. Hingga akhir Agustus 2023, Pengadilan Agama (PA) Gunungkidul menerima 1.210 permohonan perceraian.

Dari jumlah itu, sebanyak 732 permohonan adalah istri yang menggugat cerai istrinya. Sedangkan 269 adalah gugatan cerai oleh suami.


Humas PA Gunungkidul, Mudara mengatakan, dari 732 istri yang mengajukan gugatan perceraian, hanya 587 kasus yang diloloskan. Sedangkan suami yang menggugat cerai istri diloloskan sebanyak 224 kasus.

"Proses kita memang panjang. Tidak serta-merta kita loloskan karena pasti melalui mediasi. Kalau bisa jangan bercerai," uajr Mudara, Jumat (1/9/2023).

Mudara mengatakan, angka perceraian di Gunungkidul sebenarnya mengalami penurunan dibanding tahun lalu. Pada periode yang sama tahun 2022, PA Gunungkidul menerima 1.316 permohonan perceraian.

Perselisihan dan pertengkaran menjadi faktor utama pemicu tingginya angka perceraian di Gunungkidul. Meski ada banyak faktor lain, perselisihan dan pertengkaran masih menadi penyebab perceraian yang dominan.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut