Dilindungi Oknum Tokoh Lokal Inilah 3 Penyebab KKB Papua Sulit Diberantas

Wasis Wibowo, Evan Payong
Kelompok Kriminal Bersenjata Papua atau KKB Papua adalah kelompok yang melakukan aksi kekerasan dan kriminalitas di wilayah Papua, Indonesia. Foto, MPI.

PAPUA, iNewsBelu.id  - Kelompok Kriminal Bersenjata Papua atau KKB Papua adalah kelompok yang melakukan aksi kekerasan dan kriminalitas di wilayah Papua, Indonesia. Pemerintah Indonesia menyebut mereka sebagai kelompok separatis yang bertujuan memisahkan diri Papua dari Indonesia.

KKB Papua dulu dikenal dengan Organisasi Papua Merdeka (OPM), kelompok yang ingin Papua melepaskan diri dari NKRI alias merdeka. KKB Papua sudah ditetapkan sebagai kelompok teroris sejak tahun 2021. Teror gerakan separatis KKB dilakukan dengan menggunakan kekerasan dan senjata, serta aksi perusakan hingga pembunuhan. KKB punya banyak nama. Biasa disebut juga KKSB (Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata) dan KSTP (Kelompok Separatis Teroris Papua).

Dari sejarahnya, KKB berasal dari Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) sayap militer dari OPM sehingga kerap disebut TPNPB-OPM. Mengapa KKB Papua sulit diberantas, ini 3 penyebabnya.

1. Menyamar Sebagai Penduduk Lokal 

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigadir Jenderal Rusdi Hartono (sekarang Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono) menyebut selama ini banyak anggota KKB yang menyamar sebagai penduduk lokal di wilayah Papua. Kelompok ini berbaur dengan masyarakat sehingga sulit dibedakan. "Kelompok-kelompok ini sering masuk ke wilayah penduduk. Menyamar dengan penduduk, nyamar dia," kata Rusdi.

Editor : Stefanus Dile Payong

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network