Terungkap, 8 Fakta Misteri Mayat Terbakar di Semarang, Diantaranya Potongan Tulang Ditemukan

Tim iNews.id
Kapolrestabes Semarang Kombes Pol.Irwan Anwar mengecek temuan tulang dari bagian jasad terbakar di kawasan Marina, Kota Semarang, Rabu (14/9/2022). (Antara)

SEMARANG, iNewsBelu.id - Misteri mayat terbakar di kawasan Pantai Marina Kota Semarang, akhirnya terungkap. Berdasarkan hasil tes DNA dari sampel jenazah di lokasi diketahui identik dengan sosok Iwan Budi Paulus, PNS Bapenda Kota Semarang yang dikabarkan hilang. Berikut fakta-fakta pengungkapan kasus mayat terbakar di kawasan Pantai Marina Semarang:

1. Hasil Scientific Crime Investigation

Hasil scientific Crime Investigation yang dilaksanakan Polrestabes Semarang dan Polda Jawa Tengah mengungkap identitas sosok mayat yang terbakar di kawasan Pantai Marina. Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan, dari hasil tes DNA dari kerangka jenazah yang ditemukan di Marina dan sampel anak Iwan Budi Paulus diketahui identik. 

2. Tes DNA Ambil Lima Sampel Korban dan Anak 

"Tes DNA dilakukan tim Puslabfor Mabes Polri dari lima sampel yaitu tulang iga korban, tulang clavicula (enthong), sampel 2 DNA anak laki-laki dan sampel DNA anak perempuan," kata Kombes Iqbal, Rabu (14/9/2022) "Hasil temuannya identik, jadi 100 persen dipastikan bahwa kerangka tersebut adalah saudara Iwan," katanya.

3. Polisi Kerja Keras Kumpulkan Bukti Tambahan 

Terkait penyebab kematian korban, dia menyatakan saat ini kepolisian masih melakukan investigasi. Tim Polrestabes dan Ditreskrimum Polda Jateng masih bekerja keras mengumpulkan berbagai keterangan dan bukti tambahan.

4. 14 Saksi Dimintai Keterangan 

Saat ini sudah 14 saksi yang sudah dimintai keterangan yaitu 8 dari keluarga korban, 3 rekan kerja dan tiga saksi di Tempat Kejadian Perkara (TKP). 

5. Tulang Korban Ditemukan Empat Potongan Tulang 

Polisi menemukan sejumlah potongan tulang tangan kiri di sekitar lokasi penemuan mayat terbakar di kawasan Marina, Sebelumnya, polisi melakukan penyisiran ulang di sekitar lokasi penemuan mayat.  Lokasi penemuan tulang tidak jauh dari sekitar titik pembakaran tubuh korban dan sepeda motor saat pertama ditemukan. Tulang yang ditemukan terdiri atas empat potongan dengan bekas terbakar.

6. Tulang Tangan Ditemukan saat Menyisir Ulang 

Tulang tangan ditemukan saat petugas gabungan kepolisian bersama dengan Satpol PP dan SAR Kota Semarang melakukan penyisiran ulang di lokasi penemuan jasad terbakar. Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar mengatakan, pencarian hari ini merupakan lanjutan olah tempat kejadian perkara awal. 

7. Mayat Terbakar Bersama Motornya 

Sebelumnya, sesosok mayat ditemukan terbakar bersama sebuah sepeda motor di kawasan Pantai Marina, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (8/9/2022). Penemuan bermula dari temuan sepeda motor yang terbakar oleh salah seorang petugas penjaga lahan milik PT Family. Selain itu juga ditemukan sepeda motor yang merupakan kendaraan dinas milik Iwan Budi, laptop, papan nama identitas, serta telepon seluler yang diduga milik korban. 

8. Menghilang Sebelum Diperiksa Ditreskrimsus Polda Jateng 

Iwan Budi dilaporkan menghilang sehari sebelum diperiksa sebagai saksi di Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Tengah terkait kasus dugaan korupsi pengalihan aset.

 

Artikel ini telah tayang di jateng.inews.id dengan judul " 8 Fakta Misteri Mayat Terbakar di Semarang Terungkap, Nomor 5 Potongan Tulang Ditemukan ", Klik untuk baca: https://jateng.inews.id/berita/8-fakta-misteri-mayat-terbakar-di-semarang-terungkap-nomor-5-potongan-tulang-ditemukan/2.

Editor : Stefanus Dile Payong

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network