get app
inews
Aa Read Next : Banjir Lahar Dingin Terjang Sumatera Barat, 13 Orang Meninggal Dunia

Wooow!! Kabar Gembira Bagi Warga yang Mau Berhenti Merokok Akan Diberikan Rp1 Juta Oleh Pemerintah

Selasa, 11 Oktober 2022 | 17:09 WIB
header img
Ilustrasi punutng rokok, (foto istimewa)

PADANG, iNewsBelu.id - Demi memotifasi warga dalam menerapkan hidup sehat segala cara pasti akan dilakukan oleh pemerintah unutk warganya hal ini yang dilakukan Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat siap memberikan insentif Rp1 juta kepada warga yang berhenti merokok

"Saya melihat rata-rata pengeluaran masyarakat untuk membeli rokok hampir Rp400.000 sebulan dan itu lebih banyak pada masyarakat kalangan tidak mampu. Bahkan semakin miskin, konsumsi rokoknya kian tinggi, nomor dua sesudah pangan," ujar Wali Kota Solok Zul Elfian usai memberikan kuliah umum di Unand, Senin (10/10/2022).

Beranjak dari realitas tersebut dia merasa heran karena ada banyak kebutuhan hidup lain yang lebih prioritas seperti pendidikan, kesehatan ketimbang harus membeli rokok. 

"Dengan berhenti merokok, yang bersangkutan diberi Rp1 juta dan bisa hemat Rp400.000 uang buat beli rokok. Uang itu bisa dipakai untuk membeli kebutuhan yang lain," katanya.

Selain itu, warga yang berhenti merokok akan lebih sehat. Keluarga terhindar dari perokok pasif dan bisa meningkatkan gizi keluarga. Dia menyebutkan setiap tahun disiapkan insentif untuk 20 orang. Mekanismenya, ada kader kesehatan yang membina dan mengajak warga untuk berhenti merokok.
 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut