get app
inews
Aa Read Next : Selain Sekolah Jam 5 Pagi, Ternyata Ini Alasan Gubernur NTT Wajibkan Masyarakat Jalan Kaki

Ancaman Resesi 2023? Ini Penyebab serta Dampaknya bagi Indonesia

Jum'at, 07 Oktober 2022 | 07:01 WIB
header img
Apa itu Resesi 2023 (Foto: SIndonews)

Berikut tiga dampak resesi dunia terhadap perekonomian Indonesia: 

1. Permintaan produk ekspor menurun 

Jika terjadi resesi maka nantinya negara pengimpor barang dari Indonesia seperti Amerika Serikat akan membuat tekanan pada sisi permintaannya.  Bila angka permintaan turun maka akan berpengaruh pada neraca dagang yang berisiko terjadi defisit dan penurunan pendapatan negara. 

2. Nilai tukar rupiah melemah 

Bila terjadi resesi maka para investor akan menarik dananya dari pasar obligasi maupun saham Indonesia, dan memilih untuk beralih ke aset investasi yang lebih aman seperti emas. 

3. Kenaikan tingkat suku bunga 

Dampak lain dari resesi adalah suku bunga akan mengalami kenaikan yang tajam. Bank Indonesia akan menyesuaikan tingkat suku bunga acuan.   Cost of fund pelaku usaha dan masyarakat umum dalam melakukan pinjaman akan ikut naik dan menghambat ekspansi usaha. Hal  ini dapat menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2022 dan 2023.

4. Meningkatnya pengangguran 

Resesi akan menyebabkan meningkatnya tingkat pengangguran. Selain itu, para pekerja juga kemungkinan akan menerima pemotongan gaji dan tunjangan. Jadi, itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang apa itu resesi 2023 serta dampaknya bagi Indonesia.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Apa itu Resesi 2023? Begini Penyebab serta Dampaknya bagi Indonesia "

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut