Logo Network
Network

Tahun 2023, Presiden Jokowi Targetkan Ekonomi RI Tumbuh 5,3 Persen, Inflasi 3,3 Persen di 2023

Michelle Natalia
.
Selasa, 16 Agustus 2022 | 15:57 WIB
Tahun 2023, Presiden Jokowi Targetkan Ekonomi RI  Tumbuh 5,3 Persen, Inflasi 3,3 Persen di 2023
Presiden Jokowi dalam pidato Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU APBN 2023 TA 2023, Selasa (16/8/2022). (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan beberapa asumsi dasar ekonomi makro sebagai landasan penyusunan RAPBN 2023. Dalam asumsi dasar tersebut, pertumbuhan ekonomi tahun depan diperkirakan sebesar 5,3 persen. "Pertumbuhan ekonomi 2023 diperkirakan sebesar 5,3 persen. Kita akan berupaya maksimal dalam menjaga keberlanjutan penguatan ekonomi nasional," ujar Jokowi dalam pidato Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU APBN 2023 TA 2023, Selasa (16/8/2022).

Jokowi menambahkan, ekspansi produksi yang konsisten akan terus didorong untuk membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya. Berbagai sumber pertumbuhan baru pun, kata dia, harus segera diwujudkan.  "Pelaksanaan berbagai agenda reformasi struktural terus diakselerasi untuk transformasi perekonomian. Investasi harus dipacu serta daya saing produk manufaktur nasional di pasar global, harus ditingkatkan," kata dia.

Dengan semakin kuatnya sektor swasta sebagai motor pertumbuhan, maka manajemen kebijakan fiskal dapat lebih diarahkan untuk menciptakan keseimbangan antara perbaikan produktivitas dan daya saing, dengan menjaga kesehatan dan keberlanjutan fiskal untuk menghadapi risiko dan gejolak di masa depan. "Bauran kebijakan yang tepat, serta sinergi dan koordinasi yang semakin erat antara otoritas fiskal, moneter, dan sektor keuangan akan menjadi modal yang kuat dalam rangka akselerasi pemulihan ekonomi nasional serta penguatan stabilitas sistem keuangan," ucap Jokowi.

Follow Berita iNews Belu di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.