get app
inews
Aa Read Next : Edan! 2 Kakek-Kakek di Kuningan Cabuli Seorang Remaja Putri hingga Hamil 6 Bulan

Inilah 12 Daerah dengan Angka Perceraian Tertinggi di Indonesia, No 1 di Jawa Barat

Selasa, 04 Oktober 2022 | 16:06 WIB
header img
Daftar daerah dengan angka perceraian tertinggi di Indonesia menempatkan Jawa Timur pada posisi kedua, berapa jumlahnya? (Foto: Pexels)

JAKARTA, iNewsBelu.id - Daerah dengan angka perceraian tertinggi di Indonesia dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dalam buku Statistik Indonesia 2022. Buku tersebut salah satunya terdapat jumlah angka perceraian di Indonesia. 

Pengertian perceraian adalah putusnya hubungan pernikahan yang dapat terjadi karena sebabnya cerai talak ataupun disebabkan oleh cerai gugat.

Permohonan dari seorang suami yang menganut agama Islam dengan niat untuk menceraikan istrinya kepada pengadilan dengan tujuan agar diadakan sidang oleh pengadilan untuk menyaksikan pengucapan talak secara sah dimata hukum. 

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, disebutkan pengajuan perceraian harus memiliki alasan yang cukup antara suami dan istri tidak akan dapat rukun sebagai pasangan. Lalu mana saja daerah dengan angka percerairan tertinggi menurut data BPS?

12 Daerah dengan Angka Perceraian Tertinggi di Indonesia 

1. Jawa Barat 

Berada di posisi pertama, Jawa Barat adalah daerah dengan  angka perceraian tertinggi di Indonesia. Dengan jumlah 74.117 cerai gugat dan 23.971 cerai talak. Total keseluruhannya ada 98.088 kasus. 

2. Jawa Timur

 Jawa timur memiliki angka perceraian dengan perincian 63.122 kasus cerai gugat dan 25.113 kasus cerai talak. Total seluruhnya adalah 88.235 kasus.
 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut