get app
inews
Aa Read Next : Gelar Latihan Di Laut China Selatan Australia dan Filipina Bersatu Lawan China

Waduh! Dituduh Rangkap Jabatan selama Menjabat Perdana Menteri, Begini Pembelaan Scott Morrison

Rabu, 17 Agustus 2022 | 19:46 WIB
header img
Mantan perdana menteri Australia, Scott Morrison. (Foto: Ist)

SYDNEY, iNews.id - Mantan perdana menteri Australia, Scott Morrison sengaja merangkap lima jabatan sekaligus semasa menjabat. Dia merasa tanggung jawab yang diemban lima jabatan itu merupakan tugasnya.   

Perdana Menteri Anthony Albanese mengatakan Morrison telah merusak sistem pemerintahan Westminster dengan secara diam-diam menunjuk dirinya ke lima portofolio tersebut. Di antaranya urusan dalam negeri, perbendaharaan, kesehatan, keuangan, dan sumber daya antara tahun 2020 dan 2021. 

"Sungguh luar biasa bahwa penunjukan ini dirahasiakan oleh pemerintah Morrison dari rakyat Australia," kata Albanese, dilansir Reuters, Rabu (17/8/2022). Tiga dari menteri justru tidak menyadari Morrison telah berbagi kekuasaan atas kementerian mereka sampai pemberitahuan minggu ini. 

"Saya mengemudikan kapal di tengah badai. Sebagai perdana menteri, hanya saya yang benar-benar dapat memahami beban tanggung jawab yang ada di pundak saya dan tidak ada orang lain," kata Morrison kepada wartawan merujuk pada situasi saat pandemi melanda pada tahun 2020. Morrison mengaku tidak 'mengambil alih' kementerian, setelah dilantik. Selain itu, tidak ada menteri yang diintervensi kecuali pada satu kesempatan, di mana dia menolak proyek sumber daya.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut