get app
inews
Aa Read Next : Israel Tak Akan Aman sampai Negara Palestina Berdiri

Waduh! Terungkap, Putra Ketua DPR AS Nancy Pelosi Ternyata Punya Saham Besar di Perusahaan China

Minggu, 14 Agustus 2022 | 07:43 WIB
header img
Paul Pelosi (dalam lingkaran merah) ikut dalam rombongan Nancy Pelosi dalam tur Asia, termasuk Taiwan (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan pekan lalu, memicu kecaman keras dari China. Sebagai respons, Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China menggelar latihan perang terbesar di sekitar Taiwan. Namun ternyata putra Pelosi, Paul Pelosi Jr, yang juga ikut dalam kunjungan ke Taiwan, memiliki saham di perusahaan telekomunikasi China, Borqs Technologies.

Surat kabar Inggris Daily Mail, mengutip data Komisi Bursa dan Sekuritas AS, mengungkap Paul merupakan salah satu investor utama di perusahaan internet of things (IoT) dan 5G China itu. Dia juga disebut sebagai konsultan perusahaan tersebut.  Menurut laporan, Paul memiliki 700.000 lembar saham di perusahaan senilai 22 miliar dolar atau sekitar Rp321 triliun. Jumlah saham yang dimilikinya hanya di bawah CEO perusahaan yakni Pat Sek Yuen Chan.

Kabar bergabungnya Paul dalam rombongan ibunya memicu kontroversi di Taiwan. Beberapa politisi, terutama dari kubu oposisi, mempertanyakan status Paul. Mantan ketua komisi pengawasan keuangan Taiwan, Tseng Ming Chung, curiga partai berkuasa, Partai Progresif Demokratik, memiliki hubungan keuangan dengan keluarga Pelosi. Dia juga mempertanyakan apakah kunjungan Pelosi ke Taiwan juga membawa misi bisnis atau tidak. 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut