get app
inews
Aa Read Next : Sadis! Korban Tewas di Jalur Gaza, Mencapai 34.000 Jiwa

Israel Tak Akan Aman sampai Negara Palestina Berdiri

Jum'at, 19 Januari 2024 | 08:01 WIB
header img
Matthew Miller, jubir Kemlu AS, menegaskan isu keamanan Israel serta perang di Gaza tak akan selesai sampai negara Palestina berdiri (Foto: Kemlu AS)

WASHINGTON, iNewsBelu.id - Amerika Serikat (AS) terus mengupayakan solusi dua negara untuk mengakhiri konflik Israel-Palestina. Isu keamanan Israel dan perang di Gaza tak akan terselesaikan sebelum negara Palestina berdiri. 

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) AS Matthew Miller mengatakan, Israel saat ini mempunyai peluang untuk mengakui Palestina karena negara-negara di kawasan siap memberikan jaminan.

“Tidak ada cara untuk menyelesaikan tantangan jangka panjang mereka (Israel), untuk memberikan keamanan abadi, dan tidak ada cara untuk menyelesaikan tantangan jangka pendek dalam membangun kembali Gaza, membangun pemerintahan di Gaza, dan memberikan keamanan bagi Gaza, tanpa pembentukan negara Palestina," kata Miller, dikutip dari Reuters, Jumat (19/1/2024). Meski demikian Miller menegaskan dukungan AS terhadap Israel tetap kuat.

"Ini bukan soal Amerika Serikat yang menekan mereka untuk melakukan apa pun. Ini soal Amerika yang memberi mereka kesempatan yang mereka miliki," ujarnya. 

Pernyataan itu disampaikan Miller setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyampaikan keberatan kepada AS dengan berdirinya negara Palestina yang tidak menjamin keamanan Israel.

Netanyahu mengatakan, negaranya harus tetap memegang kendali penuh atas semua wilayah Palestina saat ini demi menjamin keamanannya di masa depan. 

“Saya ingin klarifikasi, dalam pengaturan di masa mendatang, dengan kesepakatan atau tanpa kesepakatan, Israel harus memiliki kendali keamanan atas seluruh wilayah sebelah barat Sungai Yordan. Itu syarat yang penting. Ini bertentangan dengan prinsip kedaulatan tapi apa bisa Anda melakukannya?" kata Netanyahu, di Tel Aviv.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut