get app
inews
Aa Read Next : Pertemuan KTT G20 Tetap Berjalan Meski Rusia Tembakkan Rudal ke Polandia

Astaga! Ribuan Ikan di Sungai Mati secara Misterius, Pemerintah 2 Negara Kerja Sama Cari Penyebab

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 12:09 WIB
header img
Ribuan ikan di Sungai Oder Jerman mati mendadak. (Foto: Reuters)


BERLIN, iNews.id - Ribuan ikan di Sungai Oder Jerman mati mendadak. Pemerintah Jerman dan Polandia bekerja sama mencari penyebab ikan-ikan itu mati.  

Hal itu disampaikan Menteri Lingkungan Jerman Steffi Lemke pada Jumat (12/8/2022). Dia juga memperingatkan adanya bencana lingkungan. 

Sebelumnya, berton-ton ikan mati di Sungai Oder sejak Juli lalu. Sungai itu mengalir melewati Jerman dan Polandia.  Kedua belah pihak percaya ikan-kan itu mati akibat zat beracun. Sayangnya, mereka belum berhasil mengidentifikasinya.

"Bencana lingkungan akan segera terjadi. Semua pihak bekerja keras untuk menemukan alasan kematian ini dan meminimalkan potensi kerusakan lebih lanjut," kata Lemke kepada kelompok surat kabar RND.  Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki mengatakan, jalur air itu akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk kembali normal.

"Skala polusi ini sangat besar. Begitu besar sehingga Oder mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk kembali ke keadaan yang cukup normal," kata Morawiecki dalam podcast reguler, Jumat (12/8/2022). 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut