get app
inews
Aa Read Next : Berkunjung Ke Belanda Presiden Zelensky Minta Jet Tempur F-16: Untuk Lindungi Rakyat dari Rusia

Rusia Kirim 300.000 Pasukan Tambahan, Begini Tanggapan Polandia: Rusia Ingin Hancurkan Ukraina

Rabu, 21 September 2022 | 22:23 WIB
header img
Mateusz Morawiecki (Foto: Reuters)

WARSAWA, iNewsBelu.id -Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengatakan Putin ingin menghancurkan Ukraina dan mengubah perbatasannya. Hal ini terlihat dari  Presiden Rusia Vladimir Putin mengirim 300.000 pasukan cadangan ke Ukraina, Rabu (21/9/2022).  

 Polandia khawatir dengan keputusan Putin meneken dekret mobilisasi militer untuk memperkuat pertahanan di Donbass, wilayah di Ukraina meliputi Donetsk dan Luhansk. 

"Kami akan melakukan semua yang kami bisa bersama para sekutu, sehingga NATO lebih bisa membantu Ukraina, sehingga bisa mempertahankan diri," kata Morawiecki, seraya mendesak negara-negara Barat mengirim lebih banyak bantuan ke Ukraina, dikutip dari Reuters. Lebih lanjut Morawiecki yakin Rusia ingin memperluas kehadirannya di Ukraina dengan mencaplok lebih banyak wilayah.

"Rusia akan berusaha menghancurkan Ukraina dan merebut sebagian wilayah. Kita tidak boleh membiarkannya," kata Morawiecki. Dalam pidato di televisi saat mengumumkan dekret, Putin menegaskan kembali tujuan operasi militer khusus Rusia di Ukraina yakni membebaskan Donbass. 

Menurut dia, sebagian besar penduduk Donbass tidak ingin kembali dalam penindasan kelompok neo-Nazi Ukraina. Putin juga mengatakan, pengerahan pasukan cadangan bertujuan untuk mempertahankan Rusia dan wilayahnya.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut