get app
inews
Aa Read Next : TKP! Dilaporkan Hilang WNA Dari Timor Leste Ditemukan Tewas Dalam Jurang di NTT

Covid-19 jadi Alasan Presiden China Xi Jinping Batal Makan Malam dengan Putin dan Kepala Negara Lain

Jum'at, 16 September 2022 | 13:45 WIB
header img
Xi Jinping (depan kiri) membatalkan makan malam bersama Vladimir Putin serta kepala negara lainnya dalam KTT Organisasi Kerja Sama Shanghai di Samarkand, Uzbekistan (Foto: Reuters)

SAMARKAND, iNewsBelu.id - Presiden China Xi Jinping membatalkan makan malam dengan mitranya dari Rusia, Vladimir Putin, serta 10 kepala negara lainnya, Kamis (15/9/2022). Alasannya demi pencegahan Covid-19. Xi dan 10 kepala negara lainnya, termasuk Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, menghadiri pertemuan puncak keamanan regional Organisasi Kerja Sama Shanghai yang berlangsung di Samarkand, Uzbekistan, sejak Kamis kemarin. Pertemuan itu membahas berbagai isu penting di kawasan dan global.

Seorang sumber di pemerintah Uzbekistan mengatakan kepada Reuters, seperti dikutip Jumat (16/9/2022), Xi juga absen pada agenda lain seperti sesi foto bersama. Dia tak nampak dalam foto para pemimpin delegasi yang dirilis pada Kamis malam.  Menurut sumber tersebut, delegasi China memang tak mengikuti agenda-agenda itu terkait kebijakan pencegahan Covid-19.

Sejauh ini belum ada pernyataan dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu) China mengenai ketidakhadiran Xi di acara-acara tersebut. Ini merupakan perjalanan luar negeri pertama pria 69 tahun itu sejak 2 tahun terakhir terkait kebijakan ketat yang diterapkan China untuk mencegah penyebaran Covid-19. Selain itu ada beberapa agenda penting yang dilakukan Xi sepanjang sisa tahun ini, di antaranya Kongres Partai Komunis China pada bulan depan yang akan mengamankan masa jabatannya sebagai presiden untuk periode ketiga.

Bulan berikutnya, November, Xi dijadwalkan menghadiri KTT G20 di Bali sekaligus meresmikan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Bandung.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Presiden China Xi Jinping Batal Makan Malam dengan Putin dan Kepala Negara Lain, Ada Apa? "

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut