get app
inews
Aa Read Next : Protes Perang di Gaza Tentara AS Bakar Diri dekat Kedubes Israel

Menegangkan, Kaca Jendela Pesawat Boeing 787 Retak saat Penerbangan

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 12:28 WIB
header img
Pesawat Boeing 787-7 Poland Airlines pecah kaca dalam penerbangan dari Polandia menuju AS (Screengrab: TikTok/Tristan)

WARSAWA, iNewsBelu.id - Peristiwa mencekam terjadi dalam penerbangan Poland Airlines dari Warsawa, Polandia, menuju New York, Amerika Serikat, pada 20 Agustus lalu. Suasana mencekam di kabin penumpang direkam kemudian diunggah oleh pengguna TikTok, Tristan. Dalam video tampak jendela pesawat retak, kelamaan semakin parah. Pesawat akan mendarat di Bandara John F Kennedy saat jendela tiba-tiba retak.

Mengetahui ada yang tak beres, tiga penumpang yang duduk di deretan bangku pinggir jendela langsung beranjak.  Seorang perempuan yang duduk di seberangnya berteriak kencang memanggil petugas.

"Jendela pecah, jendela pecah," katanya. Tak lama kemudian terdengar pengumuman di oleh kru agar penumpang tetap tenang.

Laporan Aviation Herald mengungkap, pilot pesawat Boeing 787-8 itu langsung mengurangi ketinggian menjadi 10.000 kaki dalam 15 menit. Pesawat mendarat dengan selamat di New York.

Sementara itu Poland Airland menyatakan, bagian yang retak bukan jendela utama pesawat melainkan lapisan elektrofotokromatik yang digunakan untuk menggelapkan kaca. Bahkan maskapai tetap menggunakan pesawat yang sama untuk mengangkut penumpang kembali ke Warsawa 5 jam setelah pendaratan. Jendela tetap dibiarkan retak dan diganti setelah tiba di Polandia. Dalam kondisi kaca jendela retak, pilot biasanya akan menurunkan ketinggian guna mengurangi tekanan atau bahkan melakukan pendaratan darurat.

Menurut peraturan otoritas penerbangan AS, FAA, jendela harus mampu menahan tekanan setidaknya 33 persen lebih besar dari tekanan di luar. Itu berarti jendela bisa menahan setidaknya sebesar 378 lbs atau sekitar Rp170 kg.
 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut