get app
inews
Aa Read Next : Protes Perang di Gaza Tentara AS Bakar Diri dekat Kedubes Israel

10 Peristiwa Pembunuhan Pemimpin Dunia Paling Tragis dalam Sejarah, Ditembak hingga Bunuh Diri

Sabtu, 10 September 2022 | 08:19 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Telegraph)

JAKARTA, iNewsBelu.id - Mengulas 10 peristiwa pembunuhan pemimpin dunia paling tragis dalam sejarah. pemimpin suatu negara mempunyai banyak tanggung jawab yang harus dijalankan. Tak jarang, para pemimpin ini mendapat banyak kritik dan ketidaksetujuan dari rakyat atas kebijakan yang diberikan.

Ketidaksetujuan ini dapat menimbulkan banyak konflik yang mengancam keselamatan pemimpin tersebut. Pengamanan yang telah diberikan tidak selalu menjamin keselamatan beberapa pemimpin di dunia, sebab banyak dari mereka yang akhirnya meninggal secara tragis, seperti bunuh diri atau dibunuh oleh rakyatnya..
Mengutip dari WorldAtlas, berikut 10 peristiwa pembunuhan pejabat tinggi dunia yang berujung tragis.

1. Adolf Hitler

Salah satu pemimpin dunia yang terkenal karena kekejamannya, Adolf Hitler, ditemukan meninggal dengan tragis. Saat Perang Dunia II, Hitler melakukan genosida terhadap 6 juta orang Yahudi. Hitler diangkat sebagai kanselir atau pemimpin Jerman pada 30 Januari 1933.

Saat itu, Perjanjian Versailles untuk menghentikan Perang Dunia I sudah dibuat. Namun saat memimpin, Hitler membuat banyak pelanggaran dari perjanjian tersebut. Ia menginvasi Austria, Perancis, Cekoslovakia, dan negara lainnya sehingga menimbulkan Perang Dunia II.

Jerman banyak terdesak pada Perang Dunia II, sejak kekalahannya di Pertempuran Stalingrad dan Bulge pada tahun 1944. Hal tersebut membuat Hitler terguncang dan memutuskan untuk bersembunyi di Führerbunker. Saat bersembunyi, Hitler memutuskan untuk bunuh diri dengan menembak kepalanya sendiri pada 1945.

2. Anwar Sadat

Muhammad Anwar Sadat merupakan Presiden Mesir ketiga yang diangkat pada 1970. Sebelumnya, Anwar Sadat menjabat sebagai wakil presiden selama dua periode, mendampingi Presiden Gamal Abdel Nasser. Anwar menjadi orang kepercayaan presiden dan merupakan anggota senior Perwira Bebas yang terlibat dalam penurunan Raja Farouk di Revolusi Mesir tahun 1952.

Anwar Sadat menjabat sebagai presiden selama 11 tahun atau sampai 6 Oktober 1981. Ia mangkat dari jabatannya sebagai presiden karena tewas dibunuh oleh perwira tentara yang dipimpin Khalid Islambouli. Mereka menembaki Anwar Sadat dengan senapan otomatis hingga tewas pada saat parade 6 Oktober di Kairo.

3. John F. Kennedy - Amerika Serikat

Presiden Amerika Serikat (AS) ke-35 ini tewas dibunuh Lee Harvey Oswald pada 22 November 1963. Oswald yang merupakan mantan personel marinir AS, melakukan penembakan dengan senapan mail-order dari jendela di lantai enam gedung penyimpanan.
Saat itu, Presiden John F Kennedy sedang melakukan iring-iringan mobil terbuka di Dealey Plaza bersama dengan pejabat lainnya, termasuk Gubernur Texas John Connally. Kennedy mendapatkan luka tembak di bagian kepala dan leher, kemudian meninggal setelah dibawa ke rumah sakit Parkland.

Kennedy menjadi presiden Amerika Serikat pertama sebagai pemeluk katolik Roma dan orang termuda. Pada masa pemerintahannya, Amerika Serikat menghadapi banyak krisis asing, namun dia juga berhasil melakukan Perjanjian Larangan Uji Coba Nuklir dan Aliansi untuk Kemajuan

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut