Mulai 2025, Taman Nasional Komodo Bakal Ditutup Berkala, Simak Alasannya

Ponsius Econg, Evan Payong
Taman Nasional Komodo di Manggarai Barat, NTT bakal dituup berkala mulai 2025. (Foto: MPI)

MANGGARAI BARAT, iNewsBelu.id – Taman Nasional Komodo (TNK) di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara (NTT) direncanakan ditutup secara berkala mulai 2025. Rencana itu didasarkan beberapa pertimbangan untuk menjaga ekosistem kawasan tersebut.

Kepala BTNK Hendrikus Rani Siga mengatakan, terus melonjaknya kunjungan ke TN Komodo dikhawatirkan mengancam keberlangsungan ekosistem setempat jika tidak dikendalikan. 

"Ada semacam kekhawatiran jika lonjakan itu berlangsung bisa mengancam sumber daya alam, terutama di perairan," ungkap Siga saat sosialisasi rencana penutupan TN Komodo di Labuan Bajo, Selasa (20/8/2024). 

Menurutnya, dampak buruk untuk ekosistem perairan sangat luar biasa, antara lain dalam bentuk limbah dan sampah. "Kemudian para penyelam yang belum profesional masih belajar, dampak kerusakan bagi ekosistem cukup tinggi," kata dia. 

Alasan lain dikatakannya terkait dengan masih maraknya aktivitas ilegal, seperti perburuan liar dan pembakaran lahan, di TN Komodo oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Kondisi-kondisi ini membuat pihaknya memandang perlu mengistirahatkan sejenak kawasan TN Komodo dari aktivitas kunjungan melalui penutupan secara berkala. 

"Sehingga memang alam bawah sadar kita memang harus ada waktu tertentu untuk istirahat. Itu yang melatarbelakangi ide ini muncul," ujar Siga. 

Editor : Stefanus Dile Payong

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network