Pemkot Batu Tetapkan Tanggap Darurat Bencana Banjir Bandang Selama 2 Minggu

Dile Payong
petugas dan warga bahu membahu bersihkan material banjir bandang Kota Batu (Avirista Midaada / MPI)

BATU, iNews.id  - Pemerintah Kota (Pemkot) Batu menetapkan status tanggap darurat bencana pasca banjir bandang menerjang wilayah tersebut. Penetapan status tanggap darurat ini bakal diterapkan selama dua pekan sejak Jumat (5/11/2021).  

"Sudah ditetapkan status tanggap bencana darurat bencana selama dua pekan sejak penetapan Jumat ini," kata Wakil Wali (Wawali) Kota Batu Punjul Santoso, di Balai Kota Among Tani Kota Batu, Jumat (5/11/2021).  . 

Punjul juga menyebutkan, selama penetapan status darurat ini proses evakuasi dan pembersihan material banjir bandang akan terus dilakukan, selagi melakukan pendataan kembali dampak yang timbul akibat banjir bandang, pada Kamis sore (4/11/2021).  

"Hari ini masih kita hitung, karena timnya masih berjalan. Setelah SK (Surat Keputusan Tanggap Darurat) hari ini kita selsai, hari ini juga langsung bergerak cepat, agar supaya waktu dua minggu itu tdak tersia - siakan, terutama masyarakat yang terdampak dari banjir bandang kemarin sore," katanya. 

Selain itu, Punjul juga menyebut masih ada tiga warga yang dinyatakan hilang dan tengah dalam pencarian. Ketiga korban ini yakni  Tokip RT 6 RW 4, warga Dusun Sambong, Desa Bulukerto, Arif (30 ), warga Desa Bulukerto, dan Fery sekitar (30) Alamat Dusun Cangar

Banjir bandang juga membuat setidaknya enam warga dilaporkan terluka dan menjalani perawatan di rumah sakit dan puskesmas terdekat. Selain itu, Punjul juga menyebut, ada setidaknya 142 jiwa yang terdampak banjir bandang, yang harus mengungsi ke rumah saudara dan kerabatnya.  

"Sebanyak 142 jiwa itu mengungsi di rumah saudara, kerabat, dan keluarganya, karena di Bulukerto ini masih kental kekerabatan dan kekeluargaannya, yang jelas ada 10 orang yang mengungsi di Gedung Kesenian Bumiaji," ujarnya. 

Sebelumnya diberitakan banjir bandang menerjang kawasan Kota Batu pada Kamis sore (4/11/2021) sekitar pukul 15.00 WIB. Setidaknya ada enam titik lokasi terdampak banjir bandang yakni Dusun Sambong  Dusun Beru, Desa Bulukerto, Jalan Raya Dieng Desa Sidomulyo, Desa Sumberbrantas, dan Dusun Gemulo, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Editor : Stefanus Dile Payong

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network