get app
inews
Aa Read Next : Sadis, Usai Diperkosa 2 Oknum Polisi, Korban Malah Dianiaya karena Melapor

Astaga Langgar Ketentuan, 200 Pegawai Kontrak Pemkot Ambon Akan Dirumahkan

Selasa, 13 Juni 2023 | 19:04 WIB
header img
Ratusan pegawai kontrak di Pemkot Ambon akan dirumahkan karena dinilai melanggar ketentuan. (Foto: Ilustrasi/Ist)

AMBON, iNewsBelu.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan merumahkan sebanyak 200 pegawai kontrak yang diangkat setelah putusan moratorium 1 Juni 2022. Kebijakan itu dilakukan karena pengangkatan pegawai kontrak tersebut dinilai melanggar ketentuan

"Saya telah menandatangani surat moratorium pengangkatan pegawai kontrak, tetapi hingga saat ini terdata penambahan 200 pegawai kontrak setelah moratorium, sehingga kita akan merumahkan mereka karena melanggar ketentuan," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena di Ambon, Selasa (13/6/2023).

Bodewin mengatakan, pemerintah pusat telah melarang pengangkatan pegawai kontrak dan honorer tetapi yang terjadi masih ada penambahan. "Saya mohon maaf ini soal taat kepada aturan, sehingga pegawai kontrak yang diangkat setelah moratorium harus dirumahkan," katanya.

Bodewin mengakui, sejumlah dinas di antaranya Dinas Perumahan Rakyat dan Penataan Pemukiman terdapat penambahan hingga puluhan tenaga kontrak. "Saya minta Kadis PRKP segera membuat laporan tertulis berapa jumlah pegawai kontrak yang diangkat setelah moratorium, dan disampaikan paling lambat satu pekan," katanya. 

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mengalokasikan anggaran sebesar Rp23 miliar untuk membayar gaji 1.258 tenaga kontrak yang diangkat sebelum moratorium, terhitung Juni - November 2023. 

"Terdata sebanyak 1.258 tenaga kontrak yang mengabdi pada lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, akan tetap bekerja hingga November 2023, sambil menunggu keputusan Pemerintah pusat, karena itu kita akan mengalokasikan anggaran Rp23 miliar untuk membayar gaji tenaga kontrak," katanya.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut