get app
inews
Aa Read Next : Tangkap 2 Simpatisan, Pasukan TNI Kuasai Markas KKB Manfred Fatem di Maybrat

Ternayata Pratu F Gugur Bukan Ditembak KKB, Tetapi Lompat ke Tebing lalu Jatuh ke Jurang

Senin, 24 April 2023 | 07:36 WIB
header img
Kapuspen TNI Laksada Julius Widjojono menjelaskan kronologi gugurnya prajurit TNI dalam kontak tembak dengan KKB di Nduga, Papua. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsBelu.id - Pratu F yang sempat hilang kontak selama sepekan usai baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Mugi-Mam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan akhirnya ditemukan. Dia dievakuasi dalam kondisi meninggal dunia dalam jurang sedalam 140 meter.

Pratu F merupakan korban kelima prajurit TNI yang gugur dalam serangan KKB saat misi pencarian dan pembebasan pilot Susi Air. Seluruh prajurit yang gugur merupakan Satgas Yonif R 321/GT.

Kapuspen TNI Laksda Julius Widjojono mengatakan, kronologi serangan KKB berawal saat rombongan pasukan TNI berjumlah 36 personel sedang menyisir dalam operasi evaluasi pencarian pilot Susi Air. Namun saat di lokasi kejadian, gerombolan KKB mengepung dari berbagai sisi sehingga terjadi kontak senjata. "Jadi escapenya, Pratu F itu lompat ke tebing dan jatuh ke jurang. Tidak ada luka tembak, senjata masih ada," ujarnya, Minggu (23/4/2023
 
Selain Pratu F yang sempat hilang kontak, ada pula empat prajurit lain yang sebelumnya berhasil dievakuasi yakni Pratu Miftahul Arifin, Pratu Kurniawan, Pratu Ibrahim dan Prada Sukra. Mereka gugur saat menjalankan operasi pencarian dan penyelamatan pilot Susi Air Phillip Mehrtens yang disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari 2023.
 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut