Logo Network
Network

Keberatan Terkait Wawancara Eksklusif Bharada E Ditayangkan Di TV LPSK Cabut Perlindungan

riana rizkia, evan pay
.
Sabtu, 11 Maret 2023 | 06:00 WIB
Keberatan Terkait Wawancara Eksklusif Bharada E Ditayangkan Di TV  LPSK Cabut Perlindungan
Terpidana kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat, Richard Eliezer alias Bharada E tetap ditahan di Rutan Bareskrim usai LPSK mencabut perlindungan. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsBelu.id - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) memutuskan untuk menghentikan perlindungan terhadap Richard Eliezer atau Bharada E.

 Hal tersebut terjadi lantaran LPSK keberatan terkait wawancara eksklusif Bharada E ditayangkan di salah satu stasiun televisi.

Usai putusan tersebut, Koordinator Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kemenkumham, Rika Aprianti mengatakan Bharada E tetap ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim Polri.

"Begini, yang pasti kita di putusan terakhir menjalani pidananya di Rutan Bareskrim seperti itu. Jadi kita pelaksanaan masih di Rutan Bareskrim, belum ada perubahan ya," kata Rika Aprianti, Jumat (10/3/2023).

Rika belum dapat menjelaskan secara detail soal kemungkinan pemindahan penahanan Richard Eliezer ke Rutan Salemba setelah LPSK mencabut perlindungan tersebut. 

"Saya enggak mau bicara kemungkinan-kemungkinan, yang pasti hingga saat ini masih di Rutan Bareskrim, Eliezer menjalankan pidananya," katanya.

Terkait wawancara eksklusif Richard, Rika mengonfirmasi pihak stasiun televisi telah mengajukan izin.

"Surat izinnya memang dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, karena memang secara ketentuan Permenkumham itu memang perizinan wawancara atau pun liputan yang melibatkan warga binaan itu dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan," kata Rika. 

"Dan memang di salah satu klausul kita memang membolehkan selama warga binaannya bersedia dan dalam hal ini Eliezer bersedia untuk diwawancarai gitu," tuturnya.

Follow Berita iNews Belu di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.