get app
inews
Aa Read Next : Israel Tak Akan Aman sampai Negara Palestina Berdiri

Breaking News! Balon Mata-mata China Ditembak Jatuh AS

Minggu, 05 Februari 2023 | 06:54 WIB
header img
Penampakan yang diyakini balon mata-mata China saat ditembak jatuh, dilihat dari Pantai Holden, AS. (Foto: Reuters)

Para pemimpin militer AS sebelumnya merekomendasikan untuk tidak menembak jatuh balon mata-mata tersebut ketika berada di atas Montana, karena risiko jatuhnya puing-puing.

FAA sebelumnya menghentikan sementara keberangkatan dan kedatangan di tiga bandara pada hari Sabtu, termasuk Bandara Internasional Myrtle Beach di pantai Carolina Selatan dengan alasan "upaya keamanan nasional". FAA mengumumkan pembatasan penerbangan sementara untuk membersihkan wilayah udara di sekitar pantai Carolina Selatan. Pemberitahuan tersebut memblokir penerbangan ke lebih dari 100 mil persegi (260 kilometer persegi), yang sebagian besar berada di atas Samudra Atlantik.

Sementara itu, China menyampaikan penyesalannya bahwa sebuah balon udara yang digunakan untuk keperluan meteorologi sipil dan tujuan ilmiah lainnya telah tersesat ke wilayah udara AS. Kementerian Luar Negeri China pada hari Sabtu mengatakan, penerbangan balon udara ke wilayah AS di luar kendali, dan menuduh politisi dan media AS mengambil keuntungan dari situasi tersebut untuk mendiskreditkan Beijing. 

Insiden balon ini membuat rencana kunjungan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ke China batal. Blinken dijadwalkan mengunjungi China sejak hari Jumat lalu.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut