get app
inews
Aa Read Next : Bus Tujuan Kupang - Kefamenanu Terbalik, 18 Penumpang Luka-Luka

8 Tempat Wisata di Kota Kupang NTT Paling Indah, Nomor 5 Serasa di Luar Negeri

Rabu, 01 Desember 2021 | 06:21 WIB
header img
Tempat Wisata di Kota Kupang NTT, Goa Kristal Kupang. (Foto: Instagram ferisupriyatin)

JAKARTA, iNews.id – 8 Tempat Wisata di Kota Kupang NTT banyak yang menawarkan keindahan dan meninggalkan pengalaman tidak terlupakan. Bagi kamu yang berencana berlibur, kota ini tidak bisa kamu lewatkan.   

Nusa Tenggara Timur atau NTT selama ini memang sudah terkenal dengan tempat wisatanya, terutama perairannya. Banyak wisatawan dari berbagai daerah yang sengaja mengunjungi provinsi ini, terutama Kota Kupang.  

Kupang, kota terbesar di NTT yang berada di Pulau Timur ini menyimpan banyak sekali hidden gems. Jika Anda sedang berencana untuk liburan mengelilingi destinasi wisata yang ada di NTT, Kota Kupang ini wajib masuk ke daftar rencana liburan Anda. 

Berikut ulasan 8 Tempat Wisata di Kota Kupang NTT yang dirangkum: 
 

1. Goa Kristal 

Mendengar kata goa, sering kali dikaitkan dengan hal mistis atau horor. Namun, tidak dengan goa yang satu ini.  Goa Kristal menyimpan banyak keindahan yang belum Anda ketahui. Air tawarnya yang jernih membuat bebatuan di bawah bisa dilihat bak kristal yang berkilauan jika terkena pantulan cahaya matahari.  Di tempat wisata Goa Kristal, Anda juga diperbolehkan berenang. Untuk memasuki tempat wisata ini, pengunjung tidak dipungut biaya sama sekali. Anda hanya perlu mengunjungi kawasan Bolok, Kupang Bar, Kupang.

 

2. Air Terjun Oenesu Wisata air terjun yang tak kalah indah ini bisa Anda kunjungi di daerah Oenesu, Kupang Bar, Kupang. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota.  Air terjun Oenesu memanjakan mata dengan pemandangan tebing bertingkat dan suara gemericik air yang bisa menjernihkan pikiran. Lokasinya dikelilingi pepohonan rindang yang menenangkan.  Jika ingin mencoba berenang di sini, tak perlu ragu mencari lokasi untuk berganti pakaian. Di sini sudah tersedia MCK yang memadai.

3. Gunung Fatuleu 

Tempat wisata di Kupang NTT selanjutnya, yaitu Gunung Fatuleu yang terletak di daerah Oelbiteno, Fatuleu Tengah, Kupang. Bagi Anda yang menyukai kegiatan mendaki gunung, segera datang ke sini. Anda akan dipandu oleh warga setempat untuk mencapai puncak. Di ketinggian 1,111 mdpl, Anda akan langsung disuguhkan bentang alam yang sangat eksotis. Rasa lelah setelah mendaki Gunung Fatuleu otomatis akan terbayar dengan indahnya pemandangan.

4. Bukit Cinta

Kupang juga mempunyai bukit yang tak kalah elok dengan hamparan rumput nan hijau. Bukit yang terletak di atas goa-goa ini bisa Anda nikmati jika berkunjung ke daerah di Jalan Prof Dr Herman Johanes, Penfui, Kupang Tengah, Kupang. 
Bukit Cinta bisa dijadikan sebagai tempat piknik, yaitu membawa camilan dan alas duduk dengan menikmati keindahan panorama yang ada di depan mata. Lebih afdol jika Anda berkunjung ke Bukit Cinta menjelang sore karena suasana sudah tidak terlalu panas.

5. Pantai Lasiana 

Deretan pohon lontar yang tinggi menjulang di tepi pantai membuat tempat wisata ini tampak seperti di luar negeri. Tak jarang para wisatawan penasaran dengan destinasi wisata yang sati ini.  Pantai yang terletak di Nusa Tenggara Timur memiliki fasilitas memadai seperti tempat makan, MCK dan pesanggrahan. Biaya masuknya juga tidak terlalu mahal. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 2.000 dan langsung bisa menikmati hamparan pasir putih yang menawan.
 

6. Pantai Tablolong 

Pantai yang berseberangan dengan Pulau Semau ini menyimpan banyak objek wisata yang bisa Anda nikmati. Salah satunya melihat keindahan alam bawah laut dengan snorkeling.  Di sekitar tepi pantai juga terdapat gazebo yang bisa Anda gunakan untuk bersantai sambil menikmati deburan ombak. Pantai Tablolong berlokasi di kawasan Tablolong, Kupang Barat, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota, hanya membutuhkan waktu 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi.

7. Taman Goa Monyet 

Bosan dengan wisata alam, Anda dapat mengunjungi Taman Goa Monyet yang berada di Alak, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Di sini Anda bisa bermain dengan sekumpulan monyet dengan memberi makan buah-buahan atau kacang-kacangan.  Bagi Anda yang takut dengan monyet, tenang saja karena monyet-monyet yang berada di Taman Goa Monyet ini ramah kepada pengunjung. Di sini, Anda juga bisa beristirahat di sekitar taman menikmati suasana yang asri.
 

8. Pantai Oesapa 

Pantai ini salah satu yang banyak diburu wisatawan di Kupang. Anda bisa menikmati semilir angin pantai dengan duduk-duduk di sekitar area pantai yang sudah disediakan oleh warga setempat.

Pantai yang terletak di Jalan Pantai Oesapa, Oesapa, Klp Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur ini juga menyajikan berbagai macam makanan khas NTT yang bisa Anda nikmati.  Menjelang sore hari kawasan ini akan semakin ramai. 

Wisatawan biasanya berlomba-lomba untuk melihat pemandangan kala matahari terbenam. Itulah delapan tempat wisata di Kota Kupang NTT paling indah yang wajib Anda kunjungi sebagai destinasi wisata liburan bersama keluarga, teman atau bahkan pasangan. Jarak tempat wisata dengan pusat Kota Kupang maupun permukiman warga juga tidak terlalu jauh, jadi sangat aman jika Anda takut tersesat. Ayo segera rencanakan berlibur ke Kupang.

 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut