get app
inews
Aa Read Next : Raja Insana NTT Dukung Ganjar Presiden 2024 Diyakini Sangat Peduli Adat dan Budaya Timur

Ini Pesan Tokoh Agama Papua Kepada Gubernur Lukas Enembe Hadapi Proses Hukum

Minggu, 18 September 2022 | 23:11 WIB
header img
Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Jayapura, Pendeta Alberth Yoku. Foto: iNewsTV/Chanry

"Papua ini orang melihat sebagai Provinsi termiskin, terkorup dan terendah IPM (Indek Pembangunan Manusia, red) nya, dan juga untuk good governance yang kurang dan provinsi yang tidak nyaman. Dalam situasi ini, kita semua harus punya visi dan misi bersama, bahwa orang Papua itu punya harga diri, integritas baik secara adat maupun iman yang dimiliki. Prinsip kejujuran dan kebenaran harus dikunjungi tinggi untuk mengubah paradigma itu,"katanya.

"Kalau salah itu adalah proses yang mendidik kita agar dikemudian hari kita tidak melakukannya. Dalam soal bapak Lukas Enembe dan Ricky Ham Pagawak, kita sebagai orang Papua, orang yang terdidik menghormati proses hukum, jadi Kita hormati proses itu,"sambungnya.

Kepada penegak hukum, pihaknya meminta dilakukan penegakan hukum yang adil dan transparan sehingga tidak kemudian menimbulkan polemik. Melakukan kerja dengan profesional dengan penuh tanggung jawab. 

"Kepada KPK, Kepolisian dan Kejaksaan, kita minta dilakukan proses hukum yang adil, sehingga tidak ada bahasa di Kriminalisasi dan lainnya," ucapnya.

Pihaknya pun menghimbau kepada seluruh masyarakat Papua, dan selaku salah satu tokoh agama di wilayah adat Tabi, dia menyampaikan bahwa apa yang terjadi kepada Gubernur Lukas Enembe, harus dihormati proses hukum yang berjalan itu, dan tidak usah mengkambing Hitamkan siapa pun. 

“Mari kita bekerja secara jujur dan adil tidak ada kepentingan kepentingan lain. Saya juga berharap bapak Gubernur diberi kekuatan oleh Tuhan sehingga mampu bisa mengatakan sesuatu dan mampu untuk menerima apapun yang terjadi atas persoalan yang terjadi,"pungkasnya.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Minggu, 18 September 2022 - 19:14 WIB oleh Sandi Gaming dengan judul "Tokoh Agama Papua Minta Gubernur Lukas Enembe Hadapi Proses Hukum". Untuk selengkapnya kunjungi:
https://daerah.sindonews.com/read/888571/174/tokoh-agama-papua-minta-gubernur-lukas-enembe-hadapi-proses-hukum-1663495778/

Untuk membaca berita lebih mudah, nyaman, dan tanpa banyak iklan, silahkan download aplikasi SINDOnews.
- Android: https://sin.do/u/android
- iOS: https://sin.do/u/ios

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut