get app
inews
Aa Read Next : Mau Tau Senjata Tradisional Paling Mematikan, Ternyata Nomor 1 Dipakai Pejuang Indonesia

Mesir Adalah Negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia, Inilah Kisahnya

Rabu, 17 Agustus 2022 | 18:09 WIB
header img
Negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia adalah Mesir

Delegasi pertama pemerintah Indonesia singgah di Mesir pada tanggal 7 April 1946 dengan waktu singkat yang dipimpin oleh Mr. Suwandi (Menteri Kehakiman), Mr. Abdul Karim (Sekretaris Negara), dan dr. Sudarsono (Mendagri). Kemudian delegasi resmi yang lebih serius dipimpin oleh Agoes Salim selaku Wakil Menteri Luar Negeri pada kabinet Sjahrir III, lewat dua kali kunjungannya ke Mesir pada Maret dan Juni 1947. 

Apa yang Melatarbelakangi Mesir dalam Mendukung Kemerdekaan RI? 

Latar belakang dukungan Mesir terhadap perjuangan kemerdekaan RI dan pencarian pengakuan dunia internasional. Hal ini merupakan keinginan Mesir untuk mengisi kekosongan kekhalifahan umat Islam setelah tumbangnya kekuasaan Turki yang pernah menjadi pemersatu Islam di negara-negara Arab. Selain itu, melalui Liga Arab, Mesir ingin membantu semua negara yang memiliki mayoritas penduduk Muslim supaya dapat terlepas atau terbebas dan merdeka dari kolonialisme dan imperialisme.   

Disimpulkan bahwa negara pertama yang mengakui kemerdekaan indonesia adalah Mesir. Meskipun sempat akan digagalkan oleh Kedutaan Besar Belanda, namun berkat usaha Panitia Kairo, Salim Al-Atas dapat diusir dari Mesir sebagai persona non-grata. Selamat belajar Sejarah.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut