get app
inews
Aa Read Next : Unik! Pace-Pace di Distrik Sota Papua Ukur Tinggi Badan saat Posyandu, Demi Kesehatan

Luar Biasa! Pahlawan Nasional dari Papua, Diabadikan Dalam Mata Uang dan Nama Kapal Perang

Kamis, 04 Agustus 2022 | 16:21 WIB
header img
Frans Kaisiepo, tokoh pahlawan nasional asal Papua. (Foto : SINDOnews).

JAKARTA, iNews.id - Pahlawan nasional dari Papua merupakan salah satu promotor pergerakan perjuangan kemerdekaan di bumi Cenderawasih. Mereka bertaruh nyawa dan bertumpah darah untuk mengusir para penjajah. 

Jasa-jasa mereka perlu dikenang dan diabadikan sebagai pahlawan nasional. Mereka ikut berperan hingga Indonesia menjadi negara yang merdeka dan berdaulat.

Berikut pahlawan nasional dari Papua: 

Silas Papare 

Silas Papare merupakan salah satu pahlawan pergerakan kemerdekaan dari Papua. Silas Papare lahir di Kepulauan Yapen Waropen, 18 Desember 1918.  Silas Papare merupakan pribadi yang gigih dan pantang menyerah untuk mengusir sekutu dari tanah Papua. 

Silas Papare juga sebagai penggerak para pemuda-pemudi Papua dan memengaruhi Batalyon Papua untuk memberontak terhadap sekutu serta membasmi kolonialisme Belanda yang tumbuh di Papua.

Silas Papare kemudian ditangkap dan dijebloskan ke dalam penjara. Silas Papare didelegasikan oleh Presiden Soekarno untuk menjadi salah seorang delegasi Indonesia dalam New York Agreement yang ditandatangani pada 15 Agustus 1962 untuk mengakhiri konfrontasi Indonesia dengan Belanda dalam sengketa Irian Barat Penandatanganan perjanjian tersebut, Irian Barat resmi bergabung ke dalam bagian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Silas Papare kemudian diangkat menjadi pahlawan nasional dengan keputusan SK Nomor 077/TK/1993 dan resmi diberikan gelar pahlawan nasional pada 14 September 1993.

Salah satu pahlawan nasional yang berasal dari Papua, yakni Frans Kaisiepo. Gambar wajahnya terpampang pada mata uang pecahan Rp10.000.  Frans Kaisiepo lahir di Biak pada 10 Oktober 1921 dan merupakan aktivis muda pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia di wilayah Papua. Menjelang tiga hari kemerdekaan Republik Indonesia, Frans Kaisiepo mengajak pemuda-pemudi setempat untuk menyetel lagu Indonesia Raya di Kampung Harapan Jayapura pada 14 Agustus 1945. 

Kemudian, pada 31 Agustus 1945, Frans Kaisiepo mengibarkan bendera Merah Putih untuk yang pertama kalinya dan melaksanakan upacara bendera dengan iringan lagu Indonesia Raya. Frans Kaisiepo juga pernah menjabat sebagai Gubernur Papua pada 1964-1973. Frans Kaisiepo meninggal dunia pada 10 April 1979 di usia 57 tahun dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Cenderawasih, Kota Jayapura. Untuk mengenang jasanya, nama Frans Kaisiepo diabadikan menjadi nama bandar udara di Biak  dan dijadikan sebagai salah satu nama Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), yakni KRI Frans Kaisiepo.

Marthen Indey Marthen  Indey lahir di Doromena, Jayapura pada 14 Maret 1912. Beliau mengawali kariernya menjadi polisi Hindia Belanda untuk mengawasi para tahanan, yakni para pejuang Indonesia yang diasingkan oleh Belanda.  Dari tugasnya tersebut, Marthen Indey berkenalan dengan salah satu tahanan politik, yakni Sugoro Atmoprasojo yang merupakan mantan guru Taman Siswa.  

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut