Kata Kalani, seorang pramugari yang juga membenarkan pernyataan tersebut. Kalani menambahkan bahwa kebanyakan besar maskapai akan menyarankan para petugas pesawat terutama pramugari untuk tidak membantu penumpang dengan mengangkat koper ke kabin sebelum masuk waktu kerja mereka. Jika terjadi kecelakaan, pengobatan untuk para pramugari tidak akan ditanggung oleh pihak maskapai.
Saat para penumpang baru memasuki pesawat satu-persatu dan mulai meletakkan barang bawaannya, pramugari dan petugas pesawat lainnya belum memasuki Waktu bekerja mereka. Seluruh awak pesawat hanya akan mendapatkan kompensasi untuk kecelakaan kerja ketika sudah masuk waktu bekerja, saat pintu pesawat sudah ditutup.
Penjelasan dari pertanyaan mengapa pramugari tak mau bantu angkat koper pastinya akan terdengar kasar dan tidak melayani penumpang dengan maskimal. Tetapi, itulah kenyataannya. Justru, dengan tidak memberi bantuan sebelum masuk waktu kerja, pramugari dan para petugas terhindar dari kecelakaan kerja sebelum penerbangan. Penumpang bisa meminta bantuan ketika penerbangan sudah dilakukan. Itulah asalan pramugari tak mau bantu angkat koper penumpang ke kabin.
Editor : Stefanus Dile Payong
Artikel Terkait