CPNS 2024: Kemenkumham Buka 9.070 Formasi Lulusan SMA Paling Banyak Dicari

Muhamad Fida UI Haq, Evan Payong
Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia resmi membuka 9.070 formasi Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS). (Foto/Ilustrasi: dok iNews)

JAKARTA, iNewsBelu.id – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia resmi membuka 9.070 formasi Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun anggaran 2024. Dari total formasi yang tersedia, lulusan SMA menjadi kelompok dengan peluang terbanyak.

Pembukaan formasi ini didasarkan pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Nomor 6 Tahun 2024 tentang Pengadaan Pegawai Aparatur Sipil Negara, serta Keputusan MenPAN-RB Nomor 293 Tahun 2024 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di lingkungan instansi pemerintah.

Formasi CPNS Kemenkumham terbagi untuk 11 unit pusat dan 33 kantor wilayah di seluruh Indonesia. Pendaftaran dibagi dalam tiga alokasi khusus, yakni Umum, Putra-Putri Kalimantan, dan Disabilitas, untuk memastikan inklusivitas dan keberagaman dalam penerimaan pegawai.

Para calon pelamar diharapkan memenuhi sejumlah persyaratan umum, termasuk di antaranya kewarganegaraan Indonesia, usia minimal 18 tahun, tidak pernah terlibat tindak pidana berat, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia. 

Selain itu, khusus untuk formasi lulusan SMA, persyaratan tambahan meliputi tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan 158 cm untuk wanita, serta kecocokan domisili dengan e-KTP yang dimiliki.

Dua formasi untuk lulusan SMA yakni Pemeriksa Keimigrasian dan Penjaga Tahanan. Informasi selengkapnya bisa diakses melalui situs resmi CASN Kemenkumham

Seperti diketahui Kementerian PAN-RB, pemerintah menyediakan 250.407 formasi CPNS. Mereka juga akan membuka rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk menuntaskan penataan tenaga non-ASN (honorer) yang kini dalam proses verifikasi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan kesempatan menjadi abdi negara terbuka luas bagi putra-putri terbaik bangsa. Karena itu, sebelum pendaftaran dimulai, calon pelamar diimbau untuk mempersiapkan diri dengan mencermati syarat dan tata cara pendaftaran CPNS 2024.

Tahun ini terdapat 250.407 formasi yang kita sediakan untuk talenta-talenta baru lulusan perguruan tinggi terbaik (fresh graduate). Formasi ini terbagi untuk instansi pusat 114.706 dan instansi daerah 135.701,” ujar Menteri Anas, di Jakarta, Kamis 15 Agustus 2024.

Editor : Stefanus Dile Payong

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network