Jamin Kebebasan Pers Se Asia, Dewan Pers Timor Leste Gelar Dialog Forum Internasional

Stefanus Dile Payong
Ketua Dewan Pers Timor Leste berpose bersama dengan para perwakilan Dewan Pers se Asia. (foto iNewsBelu.id).

DILI, iNewsBelu.id - Pastikan rasa aman dalam menjalankan tugas sebagai Jurnalis Dewan Pers Timor Leste menggelar dialog forum internasional tungkat Asia Di Kota Dili Timor Leste.

Dalam acara yang di hadiri oleh Perwakilan Dewan Pers dan juga para pemerhati media ini bagaimana peran dewan Pers dalam menjamin kebebasan Pers di dalam menjalankan tugas sebagai Wartawan.


Menurut Asep Setiawan perwakilan Dewan Pers Indonesia kepada iNews menjelaskan peran Dewan Pers Indonesia saat ini telah dilaksanakan dan berjalan dengan sangat baik, hal itu seperti melakukan kersama dengan Pihak TNI dan Polri serta Pihak kejaksaan Agung. Hal ini dilakukan guna memberikan kenyamanan kepada setiap wartawan dalam menjalan tugas peliputan.

 

"Iya dalam dialog hari ini sebagai perwakilan dewan pers Indonesia kita sudah menjelaskan dalam memberikan kenyaman bagi para wartawan kita sudah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak hal ini sebagai satu  langkah kita dalam memberikan rasa damai kepada para jurnalis dalam menjalankan tugasnya," Kata Asep Setiawan.

Asep juga menambahkan dalam menjalankan tugas pers perlu diberikan perlindungan sebagaimana yabg sudah di atur dalam UU Pers No 40  Tahun 1999. Empat pilar pembangunan bangsa salah satunya adalah Per, dan dalam menjalankan tugas per juga memiliki kode etik jurnalis yang selalu menjadi pedoman .

"Terimakasih kepada dewan pers Timor Leste yang sudah berinisiatif menggelar kegiatan dialog inibyang di ikuti oleh berbagai perwakilan Negara se Asia, semoga apa yang sudah kita bicarakan bersama hari ini dapat m3mberikan dampak yang postif dan juga menjamin keselamatan para Jurnalis dalam menjalankan tugas nya di lapangan," ujar Asep.

Selain itu ketua Dewan Pers Timor Leste Otelio Ote dalam sambutannya mengatakan Konfrensi Internasional Dalam Dili Dialogue Forum ini merupakan   merupakan program tahunan yang diselengarakan Dewan Pers Timor Leste atau Conselho de Imprensa de Timor-Leste.

"Acara ini merumpakan forum internasional yang mendatangkan pembicara dari anggota dewan pers dan para pengamat media di seluruh kawasan Asia Tengara dan Pasifik untuk sharing dan membagi pengalaman terkai krbebasan pers dan kebebasan pereksperi di kawasan Asia tengara dan pasifik," ungkap Otelio, Ketua Dewan Pers Tinor Leste.

Dalam diaog ini selain di hadiri oleh para jurnalis namun di ikuti juga oleh para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di kota Dili, hal ini bertujuan juga untuk memotifasi kepada kaum muda untuk lebih banyak belajar dan menekuni profesi jurnalis karena pekerjaan jurnalis itu merupakan profesi yang sangat mulia.

"Sangat di harapkan dengan kegiatan ini perlindungan dan kesejahteraan terhadap para pekerja Jurnalis dalam m4njalan tugas selalu diberikan kebebasan dan selalu di lindungi, " Ujarnya.
 

Editor : Stefanus Dile Payong

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network