get app
inews
Aa Read Next : Liput Warga Nekat Langgar Banjir di Numponi Malaka, Kapus Babulu Ancam Bunuh Wartawan

Sadis! Wartawan Babak Belur Dihajar 3 Oknum TNI AL

Senin, 01 April 2024 | 21:11 WIB
header img
Demo Wartawan/Foto: MPI

JAKARTA, iNewsBelu.id - Dewan Pers mengecam tindakan kekerasan wartawan oleh tiga oknum TNI di Halmahera Selatan beberapa waktu lalu. Peristiwa ini pun telah dilakukan upaya dialog dengan kepala staf AL untuk memastikan bahwa perlindungan kepada korban dan memastikan proses hukum terhadap pelaku dijalankan dengan sebaik-baiknya.

"Ini peristiwa yang patut kita kecam bersama,"kata Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, dalam konferensi pers di Gedung Dewan Pers, Senin (1/4/2024).

"Karena jurnalis adalah satu aktivitas yang baik dalam rangka mencari mengolah sampai mendistribusikan berita adalah salah satu kerja pers yang harus dilindungi dalam konteks pemberitaan, kebutuhan perlindungan fisik dan sebagainya,"sambungnya.

Dia pun menegaskan bahwa apapun bentuk keberatan terhadap pemberitaan, dapat diselesaikan secara etik.

"Ada hak jawab yang bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang keberatan terhadap pemberitaan disampaikan oleh teman-teman wartawan,"ucapnya.

Selain itu, jika ditemukan adanya indikasi-indikasi pelanggaran atas kesalahan yang dialami wartawan, lanjutnya dapat diselesaikan melalui proses hukum yang berlaku dan tidak dengan kekerasan.

"Sekalipun silahkan melalui proses hukum yang berlaku jadi tidak melakukan tindakan-tindakan intimidasi kekerasan baik pada wartawan kepada keluarganya,"ucapnya.

Dengan demikian, kini pihaknya akan terus memantau korban, termasuk keluarganya dan mengawal proses hukum terhadap korban.

"Kita terus melakukan proses hukum ke depan, hak atas kebenaran diungkap, dan pemulihan terpenuhi dan proses transrapan melakukan pengawalan kepada bapak kepolisian dengan ininditegakkan cara kita berdemokrasi dengan sebaik-baiknya,"tandasnya.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut