Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Sebut Negara Ukraina Akan seperti Israel

Anton Suhartono, Evan Payong
Volodymyr Zelensky menyebut negaranya akan seperti Israel, mendapat bantuan militer jangka panjang dari AS (Foto: Reuters)

 Zelensky memastikan jaminan keamanan dari AS serta negara-negara sekutu lainnya selama Ukraina berperang melawan Rusia. Dia menegaskan, para politisi AS, dari Partai Demokrat maupun Republik, telah berkomitmen terhadap Ukraina.

“Itu merupakan beberapa hal yang diputuskan di Kongres (AS),” katanya, seraya menambahkan perjanjian serupa dengan negara-negara Eropa juga akan diratifikasi oleh parlemen masing-masing negara. 

Keinginan Zelensky agar Ukraina bisa melalui jalan tol untuk mendapat keanggotaan NATO dalam pertemuan di Lituania bulan lalu memang gagal. Meski demikian, Ukraina mendapat komitmen dari negara-negara G7 untuk bantuan senjata.

Israel merupakan negara penerima bantuan militer asing terbesar dari AS sejak Perang Dunia II. Meski demikian, jumlah bantuan tahunan AS ke Ukraina sudah melebihi angka yang diberikan terhadap Israel. Padahal Israel bukan anggota NATO, yang berarti negara-negara anggota blok pertahanan tersebut tidak wajib membela Israel. Meski demikian, para pejabat AS menggambarkan komitmen mereka terhadap Israel sangat kuat.

Editor : Stefanus Dile Payong

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network