Breaking News: Xanana Gusmão Dilantik Menjadi Perdana Menteri Timor Leste

Evan Dile Payong
Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta resmi melantik Xanana Gusmao menjadi perdana Menteri Timor Leste, Periode 2023-2028, di Istana Presiden Dili Sabtu,(01/07/2023) foto iNews TV, Evan Payong.

Xanana yang juga mantan tahanan politik yang sempat dibui di Lembaga pemasyarakatan  Cipinang-Jakarta tahun 1992-1999 itu dilantik menggantikan Taur Matan Ruak.

Lebih dari 100 tamu kenegaraan dari negara-negara sahabat dari belahan Eropa, Amerika, ASIA,  dan Australia hadir menyaksikan acara pwlantikan sabtu sore pukul 16.00 waktu Dili.

Xanana Gusmão, saat ini berusia 77 tahun (20 Juni 1946-20 Juni 2023), menjabat sebagai Perdana Menteri Timor Leste dengan dibantu oleh 46 orang yang menduduki jabatan sebagai menteri, wakil menteri dan menteri muda atau sekretaris negara. 
Dalam kabinet pemerintahan ke-9 pimpinan Perdana Menteri Xanana Gusmão memiliki dua wakil Perdana Menteri, masing-masing, Francisco Kalbuadi Lay, sebagai Wakil Perdana Menteri dan Menteri Koordinator bidang Ekonomi dan Pariwisata, dan  Mariano Assanami Sabino Lopes, wakil Perdana Menteri bidang  Pembangunan Daerah.  


Partai CNRT memenangkan pemilihan Parlemen  Timor Leste dengan 41,6 persen suara (meraih 31 kursi di Parlemen), sementara pesaing utamanya dan pemimpin koalisi petahana, Fretilin, memperoleh 25,7 persen atau  meraih 19 kursi di Parlemen.

Hasil pemilihan parlemen Timor Leste, Minggu, 21 Mei 2023 membuka jalan kembali bagi Xanana untuk berkuasa dan  membentuk koalisi dengan Partai Demokrat (PD) pimpinan Mariano Assanami Sabino Lopes. 

Xanana adalah  presiden pertama Timor Leste pasca retorasi kemerdekaan Timor Leste pada 20 Mei 2002. 

Editor : Stefanus Dile Payong

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network