Resmi Jadi Provinsi ke-38 Indonesia Ini Profil Wilayahnya Papua Barat Daya

Amy Heppy S
Provinsi Papua Barat Daya (Foto: Wikipedia)

Menteri Dalam negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, PJ Gubernur Papua Barat Daya akan dilantik pada minggu depan. "Ini tanggal berapa? 17. Kemungkinan minggu depan sudah ada sidang PPA penjabat gubernurnya," kata Tito, Kamis (17/11/2022).

Selain itu, sebagai daerah otonomi khusus sama seperti Provinsi Papua lainnya, Papua Barat Daya juga akan memiliki Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Majelis Rakyat Papua (MRP) sendiri. Anggota DPR Papua Barat Daya pertama kali ditetapkan berdasarkan hasil Pemilu 2024.

Batas Wilayah Provinsi Papua Barat Daya Berikut adalah batas wilayah Provinsi Barat Daya: 1. Sebelah utara berbatasan dengan Samudera Pasifik 2. Sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Manokwari, Kabupaten Pegunungan Arfak, dan Kabupaten Teluk Bintuni di Provinsi Papua Barat 3. Sebelah selatan berbatasan dengan Laut Seram dan Teluk Berau 4. Sebelah barat berbatasan dengan Laut Halmahera dan Laut Seram. Nah, itulah profil singkat Papua Barat Daya, provinsi ke-38 di Indonesia.

Artikel ini telah tayang di papua.inews.id dengan judul " Papua Barat Daya Resmi jadi Provinsi ke-38 Indonesia, Ini Profil Wilayahnya "

Editor : Stefanus Dile Payong

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network