Timor Leste Canangkan Hari Kebebasan Pers Nasional, Sejarah Panjang Media Mengawal Demokrasi

Evan Payong
Pelepasan burung merpati sebagai tanda pencanangan hari kebabasan pers nasional di Negara Timor Leste, Balibo, (16/10/2022) foto iNews TV Evan Payong.

Selain itu Ketua Dewan Pers Timor Leste Virgilio Guteres, kepada iNews. id mengatakan dengan ditetapkannya hari kebebasan pers nasional yang hari ini dewan pers akan terus melakukan koordiansi dengan perusahan pers dan organisasi wartawan dalam membangun kapasitas wartawan yang sudah termuat dalam undang- undang pers negara Timor Leste. Adapun kapasitas yang di harapkan yaitu tekink dalam menulis dan profesional dalam menjalankan tugas jurnalistik. 

"Hari ini sudah dilakukan pencanangan hari kebebasan pers dan sebagai dewan Pers kami sudah menjalankan tugas kami dalam meningkatkan kapasitas pers maupun perusahan pers sehingga hasil karya jurnalis yang akan dihasilkan itu merupakan sebuah produk jurnalis yang independen dan terpercaya dan sudah dua tahun kita jalankan itu, kedepannya melalui dukungan pemerintah melalui dana yang sudah di persiapakan dewan pers akan terus melakukan pelatihan secara nasional dengan melibatkan semua perusahaan media dan para organisasi wartawan, agar pers di Timor Leste kedepan semakin maju dan profesional.

Dirinya juga berharap agar dengan segala kemampuan dan kapasitas yang dimiliki saat ini pers Timor Leste mampu memberikan yang terbaik dalam mengawal pemerintah dalam pembangunan bangsa ini kedepan karena peran media saat ini sangat dibutuhkan untuk proses perubahan negara ini unutk menajdi lebih baik. 



Editor : Stefanus Dile Payong

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network