get app
inews
Aa
Read Next : Update, Banjir dan Longsor di Manado: 3 Orang Tewas dan 2 Hilang

Lantamal VII Kupang Gelar Latihan Penanggulangan Bencana 

Kamis, 30 September 2021 | 14:26 WIB
header img
Danlantamal VII Laksamana pertama TNI IG Kompiang Aribawa Meninjauan Kesiapan Personil dalam Latihan Penanggulangan Bencana di Mako Lantamal VII Kupang. 

KUPANG, iNews.id - Meningkatkan kemampuan prajurit dalam mengantisipasi bencana alam yang sering terjadi di wilayah NTT, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Laksamana pertama TNI IG Kompiang Aribawa menggelar latihan penanggulangan bencana di Mako Lantamal VII Kupang

Kegiatan dilakukan selama tiga hari melibatkan unsur terkait seperti BNPB Basarnas, dinas kesehatan, TNI, Polri serta masyarakat.


Danlantamal VII Kupang mengatakan latihan penanggulangan bencana ini bertujuan untuk mengecek kesiapan seluruh personel dan kelengkapan sarana serta keterpaduan unsur lintas sektoral. Masyarakat juga turut berperan aktif dalam rangka kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana alam.


"Latihan yang kami gelar hari ini bertujuan untuk mengecek kesiapan seluruh personel dan kelengkapan sarana serta keterpaduan unsur lintas sektoral. Masyarakat juga berperan aktif dalam penanggulangan bencana alam yang sering terjadi di wilayah NTT," ujar Kompiang.


Latihan ini juga salah satu langkah dalam meningkatkan kemampuan personel sewaktu terjadi bencana alam. Baik itu gempa bumi maupun tsunami.


"Pelatihan fungsi penanggulangan bencana alam ini dilaksanakan serentak di tiga tempat yakni Kota Kupang, Padang dan Banten dengan pelaksanaan selama tiga hari yakni hari pertama akan diawali dengan pemberian materi. Hari kedua praktik lapangan dan pada hari ketiga akan dilaksanakan simulasi," katanya.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut