get app
inews
Aa Read Next : Waduh, 8 Daerah di Malaysia Waspada Cuaca Panas

Waspadai Hujan Deras di 18 Daerah NTT Selama Dua Hari Mendatang

Sabtu, 12 Februari 2022 | 22:06 WIB
header img
BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia. (Foto Antara)

KUPANG, iNews.id - Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan sebanyak 18 daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT) berstatus waspada potensi hujan deras selama dua hari ke depan. Masyarakat diminta waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi 

"Masyarakat di 18 daerah yang berpotensi dilanda hujan lebat perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap resiko bencana hidrometeorologi," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi di Kupang, Rabu (9/2/2022). 

Agung menyebutkan daerah-daerah dengan status waspada hujan lebat di antaranya Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Alor, Lembata, Flores Timur, Sikka, Ende. Selain itu Nagekeo, Ngada, Manggarai Timur, Manggarai, Manggarai Barat, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, dan Sumba Barat Daya.

Dia mengatakan potensi hujan deras tersebut harus diwaspadai karena dapat memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, maupun sambaran petir. Agung menyarankan agar masyarakat tidak beraktivitas di luar rumah jika tak ada urusan yang sangat mendesak ketika sedang terjadi hujan deras. 

"Tetap waspada mengamankan diri serta barang-barang atau dokumen penting agar selamat dari ancaman bencana," katanya.

Dia mengatakan bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi cuaca terkini dapat langsung menghubung pihaknya melalui kanal komunikasi yang disiapkan yaitu nomor kontak (0380)881613 atau whatsapp 081139404264. Selain itu juga bisa melalui website: meteoeltari.com; email: met_kupang@yahoo.com, maupun aplikasi mobile apps INFO BMKG.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut