get app
inews
Aa
Read Next : Waduh, Selama 80 Tahun Nenek Ini Hidup dengan Jarum Tertancap di Otak

Faktor Usia Nenek Ini Menangis Tersedu-sedu Cerita Gagal Naik Haji

Sabtu, 21 Mei 2022 | 19:47 WIB
header img
Nenek Sofiarni Tanjung menangis tersedu-sedu saat menceritakan gagal berangkat haji karena faktor usia di Mandailing Natal, Sumut. (Foto: iNews/Ahmad Husein Lubis)

MANDAILING NATAL, iNews.id - Tangis nenek Sofiarni Tanjung pecah saat menceritakan kisahnya gagal berangkat haji. Dia menangis tersedu-sedu menerima kenyataan namanya dicoret dari daftar calon jemaah haji tahun 2022 asal Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, "Perasaan sedih ini bukan ku buat-buat, yang lebih luka memang cuma itu (gagal berangkat)," ujar nenek Sofiarni di tempatnya berjualan makanan di pinggir jalan, Sabtu (21/5/2022).

Nama nenek Sofiarni yang seharusnya berangkat tahun ini dicoret Kantor Kemenag Madina dari daftar calon jemaah haji karena beberapa alasan. Seperti pembatasan kuota dan usia. Saat ini nenek Sofiarni Tanjung telah berusia 66 tahun. Sementara pemerintah Arab Saudi membatasi usia calon jemaah haji maksimal 65 tahun.

"Iya alasannya pembatasan kuota, pembatasan usia. Yang muda berangkat yang tua tak bisa berangkat," katanya berurai air mata.

Dia mengaku telah bertahun-tahun menabung untuk dapat berangkat haji dari hasil berjualan makanan. Namun setelah tabungan hajinya terpenuhi, justru harus menerima kenyataan pahit gagal berangkat karena pembatasan usia. Kendati tak jadi berangkat haji, namun dia tak berniat menarik dana yang telah ditabungnya selama puluhan tahun. 

Pedagang makanan asal Kelurahan Panyambungan III, Kabupaten Madina, Sumatera Utara ini hanya bisa terus berharap pemerintah kembali memprioritaskan lansia agar dapat berangkat menunaikan ibadah haji.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut