get app
inews
Aa
Read Next : Napi Kabur dari Lapas Atambua, Bobol Pintu lalu Panjat Tembok Gunakan Sarung Beginilah Kronologinya:

Inpiratif, Kepala Desa Ini Buka Perpustakaan untuk Bantu Pendidikan Anak Sekolah

Rabu, 15 September 2021 | 14:08 WIB
header img
Aktifitas Anak - Anak Sekolah di Desa Kabuna Menyerbu Perpustakaan Desa, di Aula Kantor Desa Kabuna, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten BELU, NTT.

ATAMBUA, iNews.id - Peduli dengan pendidikan, khususnya kepada anak-anak sekolah di tengah pandemi Covid-19, kepala desa di Kabupaten Belu, NTT mendirikan perpustakaan. Dia membangun perpustakaan tersebut di Desa Kabuna, Kecamatan Tasifeto Timur.


Bahkan atas kepeduliannya, perpustakaan desa ini meraih juara 1 tingkat provinsi dan juara 5 nasional. Penghargaan ini diterima Kepala Desa Kabuna Adrianus Y Laka, sosok inspiratif dibalik inovasinya tersebut.


Adrianus mengatakan, impiannya membangun perpustakan desa akhirnya terjawab meski dengan segala keterbatasan dan kekurangan. Dia mulai merintis perpustakaan hingga akhirnya bisa berjalan dan bermanfaat bagi banyak orang, terutama bagi anak-anak sekolah di saat pandemi.


"Membangun SDM masyarakat melalui perpustakan desa ini merupakan impian terbesar saya ketika menjabat kepala desa di sini. Meski dengan segala keterbatasan dan kekurangan, akhirnya perpustakaan ini bisa berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan," ujar Adrianus, Rabu (15/9/2021).

Dengan dibantu dua staf aparat desa yang berlatar belakang pendidik, perpustakaan ini berjalan dengn baik menggunakan ruangan Aula Kantor Desa Kabuna. Perpustakaan desa ini melayani anak-anak hingga orang tua untuk mendapatkan informasi, karena selain buku pelajaran, ada juga fasilitas internet yang disediakan.


"Kami dibantu dua staf aparat desa yang juga berlatar belakang tenaga pendidik sehingga perpustakaan desa ini bisa berjalan dengan baik meski hanya memanfaatkan aula gedung kantor desa di waktu sore hari," Katanya


Selain buku pelajaran ada juga fasilitas internet yang disediakan untuk membantu masyarakat juga anak sekolah mengakses informasi melalui internet.


Adrianus menambahkan, minimnya fasilitas saat ini sehingga perpustakaan dibuka pagi dan sore hari. Pagi khusus untuk mereka yang membutukan pelayanan internet sedangkan sore bagi anak-anak yang mau membaca buku.


"Berkat perjuangan dan ketekunan ini, Desa Kabuna terpilih menjadi desa terbaik yang memiliki perpustakaan dan meraih juara 1 tingkat Provinsi NTT dan juara 5 tingkat nasional di Jakarta,"katanya 


Dengan keberhasilan ini, dia berharap masyarakat dan juga anak-anak sekolah di Kabuna dapat memanfaatkan perpustakaan ini sebagai sumber informasi untuk masa depan yang lebih baik.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut