get app
inews
Aa Read Next : Diduga Kelelahan Saat Perhitungan Suara Petugas KPPS Desa Bauho Belu Meninggal Dunia

Dinkes Belu Mulai Gelar Vaksinasi Booster Malam Hari di Setiap Masjid di Atambua

Kamis, 07 April 2022 | 21:38 WIB
header img
Dinkes Belu Mulai Gelar Vaksinasi Booster Malam Hari di Masjid Kamis, (07/04/2022) di Mesjid AL-Mujahidin pasar lama.

ATAMBUA, iNews.id  - Dinas Kesehatan Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur mulai menyelenggarakan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau penguat (booster) di masjid-masjid se Kabupaten Belu pada malam hari saat bulan Ramadan. Kegiatan ini mulai pertama dilakukan malam ini Kamis, (07/04/2022) di Mesjid AL-mujahidin pasar lama.


Kadinkes Kabupaten Belu drg Ansilla Eka Mutty kepada MNC Portal mengatakan rencana pelayanan vaksinasi COVID -19 yang digelar pada malam hari ini sudah di sepakati dan di recanakan sebelumnya, dan kita juga sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait layanan ini mulai dari pihak Kepolisian, dan juga pihak dewan mesjid serta MUI di Kabupaten Belu.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia dan Dewan Masjid memanfaatkan peluang itu untuk membuka layanan (vaksin booster) di malam hari bersamaan dengan Tarawih," kata Kadinkes Belu drg Ansilla Eka Mutyy, Kamis (7/4/2022).

Kadiskes Belu drg Ansilla menambhakan saat ini  capaian dosis vaksin booster di Kab Belu belum sebesar vaksin COVID-19 dosis pertama dan dosis  kedua. Oleh karena itu, perlu adanya upaya percepatan vaksinasi dengan melibatkan seluruh pihak.

"Tempat ibadah sudah mulai malam ini dilaksanakan kami ingin bergerak cepat  Ini bukan hanya melibatkan Dinkes, tapi berkoordinasi juga dengan pihak kepolisian serta pengurus mesjid," ujarnya.

"Siang hari pun kita tetap buka pelayanan di setiap puskesmas, tetapi  malam itu akan kita lakukan dengan malam hari dengan mengunjungi setiap mesjid. kebetulan ada orang dengan jumlah cukup banyak dalam satu titik, itu kita manfaatkan, jadi lebih cepat," sambungnya.

Malam ini baru satu mesjid yang kita datangi rencana nya di setiap mesjid akan kita buka pelayanan vaksinasi ini. saat ini kita masih melakukan koordiansi dengan pihak dewas pengurus mesjid masing- masing. 

" Malam ini kita baru memulai pelayanan vaksinasi di satu mesjid untuk mesjid yang lainya kita sudah melakukan koordinasi namun masih menunggu jawaban dari pihak mesjid, " katanya.

Selain dosis ketiga, Pemerintah Kabupaten Belu  juga menggencarkan program vaksinasi dosis pertama dan kedua. unutk wilayah kabupaten belu sendiri saat ini. Dosis pertama sudah mencapai 141.225 orang, dosis kedua 113. 556 orang dan dosis ketiga 9,939 orang. 

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi mempersilakan masyarakat untuk mudik saat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Dia meminta masyarakat lebih dulu mendapatkan dua kali suntikan vaksin COVID-19 dan suntikan vaksin booster.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut