get app
inews
Aa Read Next : Angkut Wisatawan, Kapal Sea Safari 7 Terbakar di Perairan Labuan Bajo NTT

Cerita Wapres 1,5 Jam Keliling Taman Nasional Komodo, Terpesona Keindahan Labuan Bajo

Kamis, 17 Maret 2022 | 15:00 WIB
header img
Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina (kiri) saat mendampingi Wapres Ma'ruf Amin saat berkeliling ke Kawasan TN Komodo. (ANTARA/Ho-Dok Shana Fatina)

KUPANG, iNews.id - Wakil Presiden Ma'ruf Amin terkesan dengan keindahan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Bara saat kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal ini diceritakan Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina. 

"Beliau (Wapres) sangat terkesan dengan Labuan Bajo setelah selama kurang lebih 1,5 jam berkeliling untuk melihat Pulau Kelor dan Pulau Bidadari," ujarnya, Kamis (17/3/2022).

Shana menceritakan kisah perjalanannya menemani Wapres saat berkeliling menggunakan KRI ke kawasan Taman Nasional Komodo,Selasa (15/3/2022). Kedatangan Wapres ini merupakan rangkaian kunjungan kerja ke Labuan Bajo untuk menghadiri kegiatan sampingan G20 yakni The 2nd Asia International Water Week (AIWW). Awalnya Wapres Ma'ruf Amin mengira Labuan Bajo itu hanyalah Komodo sehingga menarik banyak wisatawan baik domestik dan mancanegara.

Namun, setelah dirinya menceritakan potensi wisata Labuan Bajo itu lebih luas, bahkan banyak kebudayaan yang belum di eksplor, Wapres pun kaget sehingga dia optimistis Labuan Bajo bisa sukses kedepannya dalam hal potensi wisata. Menurut Shana, minimnya pemberitaan soal potensi wisata lain di Labuan Bajo membuat banyak orang menilai kawasan ini hanya memiliki potensi wisata Komodo saja. Padahal lebih dari itu, Labuan Bajo mempunyai potensi wisata alam serta budaya bahari.

Shana juga menceritakan tentang kesatuan Labuan Bajo yang terintegrasi dengan TN Komodo dan 11 Kabupaten Koordinatif yang membentuk ring of beauty NTT.

"Wapres pun merasa Labuan Bajo itu sama seperti Raja Ampat yang tidak hanya memiliki satu potensi wisata, tetapi juga potensi wisata yang lainnya," kata Shana. Diketahui, dalam 1,5 jam berkeliling menggunakan KRI Sampari 628, Wapres mempunyai kesan tersendiri kepada TN Komodo yakni soal laut yang tenang serta pemandangan indah sehingga wajar destinasi ini menjadi favorit.

Dengan potensi yang ada tersebut, Wapres berpesan stakeholder terkait harus bisa menjaga kelestarian alam yang ada karena wilayah ini memiliki kekayaan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Mulai dari komodo, ekosistem darat dan ekosistem laut yang semuanya menjadi bagian penting kekuatan wisata Labuan Bajo.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut