get app
inews
Aa Read Next : Breaking News! Bawa 23 Penumpang KM Lebanon Tenggelam di Alor NTT, 4 Orang Hilang

Buntut Jalan Rusak Warga Nagekeo Ubah Teks Proklamasi Saat Upacara 17 Agustus

Minggu, 18 Agustus 2024 | 08:08 WIB
header img
Pembacaan teks proklamasi versi warga oleh tokoh adat. (Foto iNews TV/ joni Nura)

NAGEKEO, iNewsBelu.id - Sebagai bentuk protes warga karena tidak pernah mendapat perhatian serius dari pemerintah. Masyarakat bersama dengan para tokoh adat desa woloede, kampung Nagekeo, NTT mengubah teks proklamasi pada seremonial peringatan HUT acara 17 Agustus buntut 79 tahun sejak Indonesia merdeka Jalan desa tak diperhatikan pemerintah. 

Teks proklamasi dibacakan ketika sambutan tokoh adat pada acara 17 Agustus di kampung ulunua, desa Woloede, kabupaten Nagekeo, NTT. 

Yosef Mola tokoh adat mengatakan pembacaan teks proklamasi versi warga ini merupakan bentuk aksi protes warga kepada pemerintah karena sejak mSa penjajah hingga 79 tahun kemerdekaan warga di kabupaten ini belum juga mendapatkan perhatian dari pemerintah.

"Iya pembacaan teks proklamasi versi warga  ini karena bentuk protes dan ini sebagai bentuk kerinduan kami akan pembangunan didaerah kami ini terutama jalan raya yang layak," ungkapnya.

 
Yosef juga menambahkan wilah ini sangat dikenal dengan hasil bumi yang sangat berlimpah namun sayang tidak bisa di jual untuk meningkatkan ekonomi karena faktor jalan nya sangat rusak dan tidak bisa di lalui dengan kendaraan manapun, hal ini juga salah satu kendala  jika kemiskinan di wilayah ini tidak bisa teratasi.

"Sebelumnya ratusan siswa melakukan pawai dengan diiringi drum band melewati jalan rusak yang tidak diperhatikan pemerintah. Mereka harus berjalan dari halaman SD Majamere menuju Kampung Ulunua yang berjarak sekitar 1 km. 

Di tengah jalan beberapa warga harus mengguling beberapa batu di badan jalan agar tak menghalangi para peserta drum band. 

Warga lain membantu meratakan jalan dengan pasir agar mayoret pemimpin drum band tidak jatuh akibat buruknya jalan. 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut