get app
inews
Aa Read Next : Cerita Jokowi Sempat Semedi sebelum Putuskan Indonesia Lockdown atau Tidak

Satgas Ingatkan Daerah Non Level 4 Jangan Merasa Aman

Rabu, 28 Juli 2021 | 07:16 WIB
header img
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito meminta masyarakat terus taat protokol kesehatan (Foto: Ist)


JAKARTA, iNews.id — Masyarakat di wilayah yang tidak masuk kategori level 4 diminta tidak merasa aman. Jika angka kasus melonjak maka daerah tersebut akan jatuh ke level 4.

"Jangan merasa aman hanya karena tidak berada di level 4. Justru apabila tidak dijaga dengan baik kasus di wilayah Anda akan meningkat dan berpotensi masuk ke level 4," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito, Selasa (27/7/2021).

Wiku tidak ingin pemberlakuan PPKM berlevel membuat daerah yang tidak masuk level 4 menjadi lengah. Pemerintah daerah (pemda) harus benar-benar memerhatikan perkembangan kasus corona di daerahnya masing-masing sehingga bisa mengantisipasi jika ada lonjakan kasus.

"Kita tidak boleh lengah dengan status kebijakan yang diimplementasikan di wilayah kita masing-masing. Saya mohon kepada seluruh pemerintah daerah untuk mencermati status wilayahnya masing-masing," katanya.

Wiku menjelaskan, pemerintah tidak bisa begitu saja membuka sektor sosial-ekonomi di tengah kenaikan kasus Covid-19. Karena itulah PPKM berlevel diperpanjang untuk melihat penurunan kasus yang terjadi berlangsung dengan konsisten. 

"Selama perpanjangan PPKM ini untuk gubernur provinsi Jawa-Bali terus pertahankan penurunan kasus yang sudah terjadi selama satu Minggu dan jangan sampai meningkat lagi di Minggu ini. Terus tingkatan penanganan kasus utamanya pada pasien di ruang isolasi, intensif, dan IGD agar kematian dapat menurun," tutur Wiku.
 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut