get app
inews
Aa Read Next : Hasil Real Count KPU di Luar Negeri: Ganjar-Mahfud Unggul 39,17% AMIN 29,43%, Prabowo-Gibran 31,4%

Real Count KPU, Suara PSI Melonjak 83.340 Hanya dari 10 TPS, Ini Respon Roy Suryo

Sabtu, 02 Maret 2024 | 21:46 WIB
header img
Respon Roy Suryo, foto ist.

JAKARTA, iNewsBelu.id  - Perolehan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) naik menjadi 3,12 persen pada Sabtu 2 Maret 2024, bedasarkan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pakar telematika, Roy Suryo juga sempat mencatat kejanggalan data yang dimuat pada aplikasi Sirekap.

Dia mencatat, kenaikan jumlah suara sebanyak 80 ribu dalam 10 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Padahal di setiap TPS menurutnya paling banyak hanya 300 orang.

"Khusus untuk PSI, tanggal 15 Februari angkanya 2,68 persen, untuk tanggal 1 maret 3,02 persen dan terakhir adalah 3,12 persen," ujar Roy Suryo, dalam tayangan Sindonews TV, Sabtu (2/3/2024).

"Nah khusus pada tanggal 1 Maret itu jam 10 pagi, itu perolehan angkanya 2,319,968, sore harinya jam 4 sore itu 2,403,308, kalau kita melihat itu kan biasa ya, bisa naik. nah menariknya apa, perolehan angkanya berapa 83.340 ribu ternyata itu hanya dari 10 TPS," sambungnya.

Untuk itu, agar tuduhan itu tidak terus berkembang dia mendesak KPU melakukan audit forensik terkait aplikasi Sirekap. Jika hal tersebut tidak dijalankan, menurut ada hal yang harus dicurigai dari KPU.

"Maka dari itu tidak perlu menuduh dulu, tapi buka saja audit forensik IT KPU udah clear. Dengan dibuka audit forensik IT KPU terbuka nanti 'loh kok ini ada penambahan' loh ini ada pengurangan'. Begitu KPU tidak mau membuka dengan audit forensik Yaudah gawat," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Mikhail Gorbachev Dom turut buka suara atas lonjakan raihan suara partainya pada Sirekap KPU RI dalam beberapa waktu terakhir.

Ia berkata, tak hanya PSI yang melonjak meraup suara, salah satunya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Raihan suara PKB di Sirekap KPU RI telah mencapai angka 11%, padahal dari hasil quick count hanya mendapat 10%.

"PKB kalau di quick count hanya 10 sekian persen, terus sekarang sudah 11 persen. Jadi sebenarnya enggak cuma PSI dan Gelora, ada PKB juga," ucap Mikhail.

Kendati demikian, Mikhail meminta agar seluruh pihak untuk bersabar. Ia pun juga meminta agar raihan suara PSI ini tidak di framing negatif.

"Jadi ini kami pikir sih kita sabar ya, sabar saja. Kita tunggu rekapitulasinya. Jangan di farming macam-macam nih, karena memang ini kan semua pihak sedang berusaha ya," ucap Mikhail.

"Saya yakin KPU juga sedang berusaha keras dengan Sirekap-nya yang mungkin belum sempurna. Tetapi kita semua sekarang mohon bersabar, kita tunggu hasil real count ya," imbuhnya.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut