get app
inews
Aa Read Next : Korsleting Listrik Polsek Borong Manggarai Timur NTT Terbakar, Dokumen dan 2 Senjata Api Hangus

Detik-Detik Museum Nasional Kebakaran Butuh 4 Jam Padamkan Api, Barang Bersejarah Berhasil Diamankan

Minggu, 17 September 2023 | 07:25 WIB
header img
Detik-derik Museum Nasional kebakaran. Foto: istimewa

JAKARTA, iNewsBelu.id - Video detik-detik Museum Nasional kebakaran hebat beredar luas di media sosial. Kebakaran ini diketahui terjadi pada Sabtu, 16 September 2023 malam sekira pukul 20.00 WIB.

Dalam video berdurasi 30 detik itu terlihat gedung bagian belakang Museum Nasional itu ambruk seketika dilahap si jago merah.  Api dengan cepat membesar dan merembet melahap bangunan lainnya. Total 4 gedung di Museum Nasional roboh akibat terbakar.

Sirine mobil polisi dan pemadam kebakaran satu persatu mendatangi museum yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 12, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Warga sekitar pun mendadak banyak yang berkumpul di sekitar lokasi. Kebakaran ini tentu menjadi hal yang mengkhawatirkan, lantaran Museum Nasional sebagai salah satu pusat penyimpanan barang- barang bersejarah yang penting bagi warisan budaya dan sejarah Indonesia.

Menurut Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, kebakaran ini terjadi di Museum Nasional bagian belakang, yakni Museum Gajah Gedung A.

Gedung ini merupakan tempat pameran barang-barang prasejarah dan juga dikategorikan sebagai jenis Bangunan Menengah (BM).

Dalam upaya memadamkan api, Gulkarmat DKI Jakarta mengerahkan sekitar 13 unit mobil pemadam kebakaran.

"Petugas tiba di lokasi sekitar pukul 20.07 WIB, dan proses pemadaman berhasil dimulai pada pukul 20.09 WIB," papar Satriadi.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut