get app
inews
Aa Read Next : Gara-gara Benny Moerdani Luhut Gagal Jdi KSAD dan Pangdam

Kembali Bentrok Militer dengan Pemberontak, 56 Orang di Mali Dilaporkan Tewas

Rabu, 13 September 2023 | 07:35 WIB
header img
Ilustrasi bentrokan antara kelompok pemberontak dan militer di Mali. (Foto: Ist.)

BAMAKO, iNewsBelu.id – Bentrokan mematikan terjadi antara militer Mali dan kelompok pemberontak Tuareg di utara negara itu, Selasa (12/9/2023). Puluhan orang dilaporkan tewas. Reuters melansir, sebuah aliansi yang disebut Koordinasi Gerakan Azawad (CMA) telah memerangi militer Mali sejak bulan lalu. 

Sebagian pemberontakan itu dipicu oleh kepergian misi penjaga perdamaian PBB yang selama bertahun-tahun telah membantu menengahi perdamaian di kawasan itu.

Akan tetapi, bentrokan tampaknya semakin intensif setelah kedua belah pihak berusaha menguasai wilayah yang baru-baru ini dikosongkan oleh PBB. Salah satunya adalah, daerah Bourem yang hanya berjarak 90 km sebelah utara Kota Gao yang strategis. Angkatan Bersenjata Mali menyatakan, 10 tentaranya gugur pada Selasa saat memukul mundur serangan di dekat Bourem. Militer negara itu juga menyebutkan bahwa 46 orang di pihak musuh tewas dalam operasi tersebut.

Juru Bicara CMA, Mohamed Elmaouloud Ramadane, sebelumnya mengatakan bahwa ada korban jiwa akibat pertempuran CMA untuk merebut kamp militer di Bourem. Namun, dia tidak menyebutkan jumlah korban jiwa. 

“Saya mengonfirmasikan bahwa CMA mengambil alih kamp tersebut sekitar pukul 10 pagi setelah terjadi pertempuran yang sangat sengit,” katanya.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut