get app
inews
Aa Read Next : Cerita Jokowi Sempat Semedi sebelum Putuskan Indonesia Lockdown atau Tidak

Puskesmas Kehabisan Obat Pasien Covid-19, Apotek di Tangsel Diserbu Warga

Sabtu, 10 Juli 2021 | 13:58 WIB
header img
Antrean panjang terlihat hampir di semua apotek wilayah Tangerang Selatan. (Foto: Hambali).

ANGERANG SELATAN, iNews.id - Apotek yang berada di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diserbu warga. Antrean panjang terlihat hampir di semua apotek. Antrean dipicu langkanya obat untuk pasien Covid-19. Sebagian besar warga yang datang ke apotek mencari obat rujukan untuk pasien yang sedang isolasi mandiri.

"Biasanya dikasih dari puskesmas, sekarang kosong terus dikasih resep. Makanya kita cari ke apotek, ini pun kalau masih ada karena istri saya punya sakit asma juga, sekarang isolasi di rumah," ujar Fahri, salah satu warga yang ikut mengantre di salah satu apotek wilayah Serpong, Tangsel, Sabtu (10/7/21021)

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Alin Hendarlin mengatakan, stok obat di sejumlah puskesmas untuk beberapa jenis kosong, sedang sebagian lainnya terbatas. Keadaan itu, kata dia telah berlangsung sepekan terakhir karena permintaan yang melebihi persediaan.

"Sekitar sepekan ini ya. Saat ini kami di puskes tahu sendiri, merawat banyak pasien. Ratusan yang harus dipantau di tiap puskes, obat-obat ini terbatas persediannya seperti suplemen dan sebagainya," ucap Alin.

Menurutnya, koordinasi telah dilakukan terhadap pemerintah pusat dan provinsi mengenai stok obat-obatan untuk pasien Covid. Dia mengimbau kepada warga jangan panik. 

"Biasa kan hukum ekonomi, ini karena banyak permintaan sehingga persediaan yang ada terkuras. Kalau stoknya ada kita kasih, tapi kalau enggak ada ya terpaksa cari sendiri. Kondisi ini segera teratasi," katanya.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut