get app
inews
Aa Read Next : Serangan di Konser Musik Rusia, Korban Tewas Mencapai 60 Orang

Cegah Pemberontakan, Presiden Putin Perintahkan Prajurit Wagner untuk Bersumpah Setia

Sabtu, 26 Agustus 2023 | 21:01 WIB
header img
Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan tentara bayaran Wagner untuk bersumpah setia kepada pemerintah. Foto/Reuters

MOSKOW, iNewsBelu.id  - Presiden Vladimir Putin memerintahkan pejuang Wagner untuk menandatangani sumpah setia kepada Pemerintah Rusia. Itu setelah kecelakaan pesawat mematikan yang diyakini menewaskan Yevgeny Prigozhin, pemimpin kelompok tentara bayaran. 

Putin menandatangani dekrit yang memberlakukan kebijakan setelah Kremlin mengatakan bahwa tuduhan Barat bahwa Prigozhin dibunuh atas perintahnya adalah sebuah "kebohongan mutlak". 

Kremlin menolak mengonfirmasi kematiannya secara pasti, dengan alasan harus menunggu hasil tes. Otoritas penerbangan Rusia mengatakan bahwa Prigozhin berada di dalam pesawat jet pribadi yang jatuh pada Rabu malam di barat laut Moskow tanpa ada yang selamat tepat dua bulan setelah ia memimpin pemberontakan yang gagal terhadap para panglima militer.

Presiden Vladimir Putin menyampaikan belasungkawa kepada keluarga mereka yang tewas dalam kecelakaan itu pada hari Kamis dan berbicara tentang Prigozhin dalam tata bahasa lampau.

Dia mengutip "informasi awal" yang menunjukkan bahwa Prigozhin dan rekan-rekan utama Wagner semuanya telah terbunuh dan, sambil memuji Prigozhin, mengatakan bahwa dia juga telah melakukan beberapa "kesalahan serius". Pemberlakuan sumpah wajib oleh Putin bagi karyawan Wagner dan kontraktor militer swasta lainnya merupakan langkah yang jelas untuk membawa kelompok-kelompok tersebut di bawah kendali negara yang lebih ketat. Dekrit tersebut, yang dipublikasikan di situs Kremlin, mewajibkan siapa pun yang melakukan pekerjaan atas nama militer atau mendukung apa yang disebut Moskow sebagai “operasi militer khusus” di Ukraina untuk bersumpah setia kepada Rusia.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut