get app
inews
Aa Read Next : Diiming-imingi Kehidupan Layak Menkumham Ungkap Pengungsi Rohingya Korban Mafia

Perangi Kejahatan Transnasional Indonesia dan Belanda Sah Jalin Kerja Sama

Jum'at, 25 Agustus 2023 | 20:27 WIB
header img
Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly bertemu dengan mitranya dari Belanda, Dilan Yesilgoz-Zegerius, Jumat (25/8/2023). (Foto Kemenkumham).

DEN HAAG, iNewsBelu.id - Indonesia dan Belanda menjalin kerja sama untuk memerangi kejahatan transnasional. Kejahatan lintas-negara semakin mengancam keamanan nasional dan internasional.  

Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly bertemu dengan mitranya dari Belanda, Dilan Yesilgoz-Zegerius, Jumat (25/8/2023), di Den Haag membahas hal ini.

Yasonna didampingi Duta Besar RI Mayertas dan Sekjen Andap Budhi Revianto, Yasonna berharap Indonesia dan Belanda meningkatkan kerja sama antar-penegak hukum serta pengawasan perbatasan. Menurut Yasonna, kejahatan transnasional meningkat seiring kemajuan teknologi karena jangkauannya global. Oleh karena itu pemerintah harus membangun kerja sama bilateral di bidang teknologi digital agar bisa menangkal kejahatan secara efektif.

“Pemerintah harus memanfaatkan teknologi untuk melawan kejahatan transnasional secara efektif. Untuk itu, Indonesia dan Belanda mendorong kerja sama melalui teknologi digital dan platform media sosial,” ujar Yasonna, dalam pernyataan Kemenkum HAM, Jumat. Bentuk kejahatan transnasional yang merugikan masyarakat, di antaranya perdagangan orang dan penipuan siber. 

“Pelaku kejahatan transnasional bisa memasang lowongan pekerjaan palsu di luar negeri, hingga akhirnya korban dipaksa tinggal dan tidak bisa pulang. Pemerintah Indonesia dan Belanda perlu meningkatkan kerja sama untuk melawan kejahatan-kejahatan ini,” ujarnya.

 Indonesia telah menciptakan sistem database untuk memantau mobilitas korban kejahatan transnasional yang berhasil dipulangkan serta memperketat proses pemeriksaan keimigrasian. 

Selain itu, Indonesia sudah melakukan perjanjian Bantuan Hukum Timbal Balik, ekstradisi, dan kerja sama hukum dengan banyak negara untuk mengatasi kejahatan transnasional.  Selanjutnya, kerja sama dengan Belanda ini akan semakin menguatkan level keamanan dan kemampuan pemerintah dalam melindungi masyarakatnya dari kejahatan. Hubungan bilateral Indonesia dan Belanda di bidang hukum yang tengah berjalan telah menunjukkan tren positif. 

Kedua negara rutin berdialog dalam forum Indonesia- the Netherlands Legal Update (INLU). Forum dialog tahunan ini melibatkan berbagai kalangan baik pemerintah, penegak hukum, organisasi masyarakat sipil, serta para pakar hukum dan akademisi, untuk bertukar pandangan, pengalaman, serta praktik terbaik di bidang hukum.

Sementara itu Yesilgoz menyampaikan apresiasi kepada Menteri Yasonna atas peningkatan kerja sama kedua negara. Belanda akan terus mendukung Indonesia dalam memerangi kejahatan transnasional, upaya reformasi hukum, serta pemajuan HAM. 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut